Terus Didorong OJK, Penyaluran KUR Tembus Rp11,28 Triliun

YOGYA, KRJOGJA.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Industri Jasa Keuangan (IJK) di DIY tetap dapat memberikan keringanan atau kemudahan kepada debitur yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam hal ini, OJK DIY terus mendorong perbankan meningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna membangkitkan dan memberikan stimulus kepada sektor usaha, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala OJK DIY Parjiman mengatakan terkait dengan upaya pemerintah utk segera membangkitkan sektor dunia usaha khususnya UMKM termasuk KUR, OJK telah mengeluarkan kebijakan stimulus perekonomian sebagai kebijakan ‘countercyclical’ dampak penyebaran virus Korono. Seluruh IJK di DIY baik perbankan maupun non perbankan yang antara lain memberikan keringanan kepada debitur terutama debitur UMKM untuk melakukan restrukturisasi kredit atau pembiayaan.

” Implementasi dari kebijakan ini telah dilakukan restrukturisasi kredit/pembiayaan sebanyak 179.198 debitur dengan jumlah total fasilitas sebesar Rp11,28 triliun di wilayah DIY hingga 4 Juni 2020. Jumlah tersebut mayoritas debitur UMKM termasuk KUR mencapai 80 persen,” tutur Parjiman kepada KR, Selasa (9/6).

Parjiman menyampaikan data restrukturisasi penyaluran KUR yang dilakukan oleh IJK di DIY tersebut sudah berjalan dan telah terealisasi hingga 80 persen. Sedangkan penyaluran KUR secara nasional lebih besar lagi mencapai 7,75 juta debitur dengan jumlah fasilitas Rp325,73 triliun.

BERITA REKOMENDASI