The Fed Bakal Kerek Suku Bunga Bertahap

WASHINGTON, KRJOGJA.com – Beberapa pejabat Bank Sentral AS atau Federal Reserve AS memperkirakan bahwa bank sentral akan melanjutkan kenaikan suku bunga secara bertahap, di tengah inflasi dan tingkat pengangguran rendah.

"Saya pikir akan tepat untuk suku bunga naik secara bertahap selama beberapa tahun ke depan, karena posisi kebijakan kami masih sangat akomodatif daripada netral," kata Presiden Federal Reserve Atlanta Raphael Bostic pada sebuah forum, Rabu (15/11/2017).

Dia berpendapat bahwa lonjakan permintaan dapat mendorong ekonomi melampaui kapasitasnya yang berkelanjutan, karena ekonomi mendekati lapangan kerja penuh.

"Ini akan menekan biaya tenaga kerja, ketika bisnis harus bersaing lebih agresif dengan semakin terbatasnya jumlah pekerja yang tersedia," kata pejabat The Fed yang akan memberikan suara pada komite pengaturan kebijakan Fed, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), tahun depan.

Dia memperkirakan ekonomi akan terus tumbuh sedikit di atas 2% di masa mendatang, dan tingkat pengangguran akan tetap sekitar empat persen.

Tingkat pengangguran AS turun menjadi 4,1% pada Oktober, level terendah baru dalam 17 tahun terakhir, sementara indeks pengeluaran konsumsi pribadi, indikator inflasi yang disukai oleh the Fed, hanya naik 1,6% pada September, jauh dari target dua persen Fed. (*)

BERITA REKOMENDASI