Tidak Ada Buka Puasa Bersama, Kegiatan Menabung Perlu Ditingkatkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Jenius, salah satu produk perbankan Bank BTPN melakukan survei independen bertajuk ‘Jenius Study: Indonesian Digital Savvy Behaviour During Ramadan 2020’. Dalam survei yang dilakukan pada 468 digital savvy di Indonsia, dari April hingga Mei 2020, 94 persen masyarakat merasakan perubahan kebiasaan selama Ramadhan tahun ini.

Sebanyak 66 persen orang menjalani Ramadhan di rumah, 23 persen membatalkan rencana bersama keluarga dan teman, 8 persen merasakan dampak ekonomi dan 4 persen tidak keluar rumah.

Sementara, lima kegiatan yang paling sering dilakukan saat Ramadhan kali ini adalah beribadah di rumah, menonton film, melakukan video call dengan keluarga dan kerabat, memesan makanan dengan layanan pesan antar dan berdonasi.

Lebih lanjut, lima kegiatan finansial yang paling sering dilakukan selama Ramadhan adalah menabung, berbelanja daring, membayar tagihan, membeli makanan dengan layanan pesan antar dan top up e-wallet.

Menurut Metta Anggriani, Certified Financial Planner, Ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun lalu. “Tidak ada buka puasa bersama, tidak ada silaturahmi atau halalbihalal, tidak ada mudik. Artinya kebiasaan finansial selama Ramadan berubah 180 derajat karena pandemi ini yang memaksa kita fokus pada kebutuhan pokok saja, yaitu kesehatan,” katanya.

BERITA REKOMENDASI