Tiga Dewan Komisaris Bank Jateng Dilantik

SEMARANG, KRJOGJA.com –  Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP melantik tiga Dewan Komisaris Bank Jateng, yakni Wawan Siswanto, Edhi Christanto dan Darsono, Jumat (31/1/2010) di Patrajasa Hotel Semarang, disaksikan Direktur Utama Bank Jateng Dr Supriyatno MBA dan pejabat lainnya.

Ganjar Pranowo berharap kepada ketiga Dewan Komisaris agar mampu membawa Bank Jateng lebih progresif dan lebih aktif dengan cara menjadikannya meeting poin atau konseling bisnis. Bank Jateng juga diharapkan dapat mengambil peranan untuk akses keuangan, termasuk diantaranya mampu mendorong industri kreatif dan startup.

Lebih lanjut Gubernur Jateng menyampaikan harapannya agar Bank Jateng mampu mendukung pertumbuhan ekonomi Jateng mencapai 7 % pada 2023 mendatang. "Karenanya Bank Jateng harus mendorong dan memberi layanan fasilitas usaha kecil. Bahkan bisa menjadi pionir untuk meningkatkan usaha mikro menjadi menengah sehingga akan menggerakkan roda perekonomian Jawa Tengah," papar Ganjar Pranowo.

Terpisah, Dirut Bank Jateng Dr Supriyatno MBA menyampaikan fungsi komisaris yang baru saja dilantik selain memberi nasehat, arahan, juga mengawasi Bank Jateng dengan harapan akan lebih baik. " Harapannya, bagimana kerjasama antara Dewan Komisaris  dengan Direksi semakin kohesif. Meski sekarang sudah bagus untuk mendukung pertumbuhan ekonomi 7% sebagaimana harapan Gubernur Jawa Tengah," kata Dirut Bank Jateng.

Supriyatno juga menaruh harapan Bank Jateng harus mampu tampil terdepan dalam menangani mikro kecil keluarga sampai yang lebih besar yang lebih produktif. "Oleh karena itu butuh kapasitas dan dukungan masyarakat. Bank Jateng sebagai Bank Jawa Tengah harus ada di depan dalam memberi solusi perekonomian kikro hingga makro," papar Supriyatno.

Orang nomor satu di Bank Jateng ini juga optimistis 4 hingga 5 tahun ke depan investasi Jawa Tengah akan sangat  tinggi. Bank Jateng sebagai intermediasi keuangan pun akan menjadi pihak yang mengkoordinasikan dengan kepala daerah dalam menyambut hadirnya investor.

Ekonom dan Guru Besar Universitas Gajah mada (UGM) Yogyakarta, Prof Dr Sri Adiningsih MSc yang dihadirkan memberikan paparan optimis terhadap target pertumbuhan ekonomi jateng pada 2023 mencapai 7%.
"Stabilitas ekonomi di Jateng ini cukup terjaga. Digitalisasi di bidang ekonomi juga berkembang cepat dalam berbagai sektor, bahkan merambah hingga kota-kota kecil. Pengaruh perkembangan infrastruktur juga mempengaruhi pengaruh pada perekonomian Jawa Tengah," ungkap Sri Adiningsih.

Usai pelantikan Dewan Komisaris dilanjutkan Seminar bertemakan "Membidik Pertumbuhan Ekonomi Jateng 7%" dengan nara sumber Prof Ari Kuncoro SE MA PhD (Rektor UI), Prof Dr Sri Adiningsih MSc (Guru Besar Universitas Gajah Mada), Dr Maruto Umar Basuki SE MSi (Dosen FE dan Bisnis Undip), Prof Dr Andreas Lako (Guru Besar Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata), Dr Abdul Aziz Ahmad SE MSi (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman) dan Dr Mulyanto ME (Dosen FR dan Bisnis UNS).  (Cha)  

BERITA REKOMENDASI