Tips Aman Transaksi E-Banking

JAKARTA, KRJOGJA.com – Transaksi perbankan semakin mudah dan canggih. Apalagi dengan adanya electronic banking (e-banking), segala transaksi keuangan bisa dilakukan di mana saja.

Namun, tetap saja dalam penggunaan e-banking harus waspada akan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu perlulah menjaga faktor keamanan dalam bertransaksi lewat e-banking.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Jakarta, Sabtu (25/1/2020), mengutip akun twitter OJK, pihaknya memberikan beberapa tips agar aman dalam bertransaksi melalui e-banking. berikut tipsnya:

1. Menggunakan komputer pribadi

Dalam menggunakan e-banking disarankan untuk menggunakan komputer pribadi. Selain itu, juga harus menggunakan jaringan internet terpercaya.

OJK mengimbau agar berhati-hati jika e-banking menggunakan wifi publik. Hal ini untuk membuat transaksi kamu semakin aman.

2. Antivirus

Dalam bertransaksi juga harus diperhatikan agar komputer kamu dilengkapi dengan antivirus terkini. Oleh sebab itu, lakukan update secara berkala untuk antivirus komputer kamu.

3. Percayakan pada Call Center Resmi

Jika kamu butuh konfirmasi, selalu menghubungi pihak bank melalui call center resmi jika ada hal mencurigakan.

4. Rahasiakan Datamu

Janganlah memberikan data atau informasi internet banking kamu kepada orang lain. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kejahatan.

5. Pin Internet Banking

Terakhir, pastikan PIN internet banking kamu diubah secara berkala. Hal ini agar tidak gampang diserang orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

 

 

BERITA REKOMENDASI