Tips Tak Mudah Tergiur Gunakan Kartu Kredit

GAYA hidup kawula muda memang kadang menuntut seseorang untuk hidup dengan banyak pilihan. Di antaranya pilihan untuk menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan transaksi karena dari awalnya dikira akan memudahkan kehidupan seseorang. 

Sayangnya, ada sebagian anak muda yang meski single dan tak banyak pengeluaran namun tak bisa mengontrol pemakaian kartu kredit yang ada di tangannya. Berikut beberapa cara agar tak mudah tergiur untuk memakai kartu kredit terus menerus. 

Buat budget per bulan 

Bahkan, sebelum mengajukan kartu kredit, biasakan untuk membuat budget untuk pengeluaran per bulannya. Jika tidak, ketika Anda sudah memiliki kartu kredit dalam genggaman, Anda tak out of control. 

Mulai menabung 

Bagaimanapun lebih baik menggunakan uang tunai dan membayar cash, daripada utang berkepanjangan. Maka dari itu lebih baik menabung untuk memenuhi Keinginan Anda. 

Berpikir sebelum memakai 

Jangan selalu tergiur dan mengatakan “ya” pada setiap barang yang Anda temui dan menarik hati untuk dibeli. Daftar utang semakin memanjang dan bisa jadi barang tersebut sampai di rumah ternyata tak terlalu Anda butuhkan. 

Hindari godaan 

Godaan tak hanya datang dari dalam diri, godaan juga bisa datang dari luar yakni teman-teman Anda. Jangan pernah berbelanja dengan menggunakan kartu kredit bersama dengan teman-teman, menganggap ada kartu sakti dan gengsi lantas semua Anda beli. Demikian dilansir Wikihow, Senin (26/9/2016). (*)

BERITA REKOMENDASI