TPID DIY Waspadai Inflasi Tidak Melebihi Sasaran

YOGYA, KRJOGJA.com – Inflasi yang stabil dan terjaga membutuhkan upaya penanganan secara simultan dan komprehensif baik oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah bersama seluruh masyarakat. Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY harus mewaspadai agar upaya perbaikan ekonomi pada 2021 ini tidak menimbulkan kenaikan inflasi melebihi sasaran yang ditetapkan.

Perwakilan TPID DIY Tri Saktiyana menyampaikan inflasi DIY tercatat sebesar 1,40 persen (yoy) pada 2020, menurun tajam dibandingkan inflasi pada 2019 sebesar 2,77 persen (yoy) maupun capaian inflasi secara nasional 2020 yakni 1,8 persen (yoy). Mayoritas provinsi di Indonesia mengalami realisasi inflasi di bawah sasaran yang telah ditetapkan, yaitu 3,0 persen ± 1 persen. Dampak dari pandemi menyebabkan ekonomi DIY mengalami penurunan sepanjang tahun lalu.

“Hal ini berdampak pada penurunan daya beli, sehingga tingkat inflasi yang secara nasional mengalami penurunan. Dari hasil konsensus meyakini ekonomi Indonesia maupun DIY akan perlahan mengalami perbaikan pada 2021 sehingga akan berimplikasi pada kenaikan inflasi sehingga TPID DIY harus benar-benar mewaspadainya,” jelasnya di Yogyakarta, Minggu (21/3/2021).

BERITA REKOMENDASI