Wuahh.. Penarikan Uang Tunai Tembus Rp 187 Triliun

JAKARTA, KRJOGJA.com – Keputusan pemerintah untuk memperpanjang hari libur serta pemberian tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 membuat Bank Indonesia meningkatkan ketersediaan uang tunai periode Lebaran tahun ini.

Tahun ini, BI menyiapkan Rp 188,2 triliun uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Lebaran. Angka tersebut meningkat dari periode Lebaran tahun lalu yang hanya Rp 163,2 triliun.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dalam keterangannya mengatakan, tahun lalu penyediaan uang tunai pada momen Lebaran hanya meningkat 13,9 persen. Sementara tahun ini terjadi peningkatan terjadi hingga 15,3 persen.

"BI perbanyak distribusi uang melalui kas titipan dan kemudian di daerah perbatasan," kata Rosmaya, Jumat (8/6/2018).

Mobil-mobil yang menjadi kas keliling pun mendapat tambahan modal. Tahun lalu, per mobil hanya dibekali Rp 700 juta, tahun ini naik menjadi Rp 900 juta.

Hingga hari ini, data BI menunjukkan bahwa penarikan uang tunai sudah mencapai Rp 187,8 triliun.

"Ini hari-hari kritikal untuk penukaran, sampai siang ini keluar Rp 187,8 triliun. Berarti ini sudah luar biasa," ujarnya.

Dia mengungkapkan, uang tunai yang beredar di masyarakat akan mulai masuk atau disetorkan kembali kepada perbankan mulai tanggal 19 Juni mendatang.

"Tanggal 19 sudah menerima lagi setoran arus balik," kata dia.(*)

 

 

BERITA REKOMENDASI