Kualitas Data Ekonomi BPS

Pada saat ini publikasi BPS tidak hanya terbatas data saja namun juga mencakup laporan dan kajian/studi. Publikasi data BPS dikategorikan menjadi dalam bidang Sosial dan Kependudukan, Ekonomi dan Perdagangan, serta Pertanian dan Pertambangan. Di samping itu, BPS juga mempublikasikan laporan seperti misalnya Laporan Perekonomian Indonesia dan Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Selanjutnya BPS juga menerbitkan hasil kajian atau studi, misalnya Analisis Daya Saing Industri Pengolahan, Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil, dan sebagainya. Hasil kajian yang terkait dengan dampak Pandemi Covid-19 juga dipublikasikan oleh BPS.

Penulis sebagai pengajar, peneliti, dan penulis di bidang ekonomi tentu sering memanfaatkan publikasi data, laporan, dan kajian dari BPS (kecuali data sistem pembayaran, keuangan dan perbankan yang diakses dari BI dan OJK). Saat ini, publikasi BPS relatif lebih mudah diakses dari website baik dari sumber publikasi dan berita resmi statistik. Publikasi BPS pusat sampai BPS daerah (provinsi, kabupaten, dan kota) telah dapat diakses melalui website.

Pengalaman penulis melakukan riset di daerah, misalnya di Kabupaten Fakfak, dapat melakukan mengakses data publikasi BPS melalui website BPS Kabupaten Fakfak. Beberapa publikasi data dan laporan misalnya Kabupaten Dalam Angka dan Statitik Kabupaten dapat diperoleh dari website termaksud. Berbekal dari publikasi data tersebut kemudian baru melakukan survei lapangan ke daerah.

Bagaimana dengan kualitas publikasi data ekonomi BPS? Penulis menyakini kualitasnya semakin baik. Hal tersebut setidaknya semakin banyak lembaga domestik (di luar lembaga pemerintah) dan lembaga internasional yang menggunakan publikasi data BPS. Dalam setiap publikasi data, BPS menjelaskan konsep, metodologi serta proses yang digunakan untuk mengumpulkan data tersebut. Demikian hal yang sama dilakukan untuk publikasi yang berupa laporan dan hasil kajian/studi bidang ekonomi.

BERITA REKOMENDASI