Optimisme Masyarakat Membaik, Pemda DIY Terus Berupaya Mendorong Kenaikan Konsumsi

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Pemda DIY senantiasa terus mendorong konsumsi baik konsumsi pemerintah maupun konsumsi masyarakat guna menumbuhkan perekonomian yang terpengaruh pandemi Covid-19. Aktivitas pemulihan ekonomi di DIY tetap harus dibuka dan berjalan dengan tetap melaksanakan pemulihan kesehatan dengan pengetatan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Keduanya harus berjalan beriringan sehingga optimis perekonomian DIY tetap tumbuh positif.

Plt Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong daya beli masyarakat DIY semakin meningkat guna mendorong pertumbuhan konsumsi. Pergerakan ekonomi dengan dibukanya lapangan usaha walaupun terbatas sudah sangat dapat mendukung pertumbuhan konsumsi.

“Optimisme masyarakat sendiri berkaitan bisa berjalannya berbarengan antara pemulihan kesehatan dan pemulihan kegiatan ekonomi saat ini. Meskipun kegiatan atau aktivitas masyarakat masih dibatasi seiring lonjakan kasus Covid-19 yang dialami beberapa daerah termasuk DIY sendiri saat ini.” katanya di Yogyakarta, Minggu (27/6/2021).

Made mengakui konsumsi pemerintah atau belanja pemerintah masih menjadi andalan yang berkontribusi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di DIY dibandingkan konsumsi masyarakat. Namun pihaknya tetap masih berharap daya beli masyarakat DIY bisa meningkat sebab masih ada dukungan stimulus bantuan keuangan dari pemerintah dengan berbagai skema yang sekiranya sangat membantu.

“DIY mengandalkan sektor pendidikan dan pariwisata yang keduanya memang berbasis kerumunan selama ini. Meskipun kontribusi industri pariwisata sudah berkurang dan sektor pendidikan belum dibuka pada  triwulan I 2021 tetapi bisa tetap bertumbuh. Bahkan sektor pertanian tumbuh luar biasa ditambah industri pengolahan yang akan berlanjut pada triwulan selanjutnya,” imbuh Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana.

Saktiyana menyatakan, Pemda DIY masih optimis perekonomian DIY pada triwulan II dan seterusnya tahun ini tetap tumbuh positif terutama masih adanya stimulus dari sektor pertanian dan industri pengolahan. Sementara dari pengeluaran sendiri, konsumsi pemerintah maupun masyarakat setidaknya mengalami peningkatan dan membaik. (Ira)

BERITA REKOMENDASI