2017, REI Siap Bangun 200 Ribu Rumah Murah

BALIKPAPAN, KRJOGJA.com – Pemerintah menegaskan kembali komitmennya untuk menyukseskan Program Pembangunan Sejuta Rumah (PSR) dengan membangun lebih banyak rumah rakyat di seluruh Indonesia. Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada media dalam kunjungannya ke Perumahan Pesona Bukit Batuah di Batu Ampar, Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan Menteri BUMN Rini Suwandi sempat meninjau rumah murah dengan DP 1% yang dibangun developer anggota Real Estat Indonesia (REI) PT Karya Pama Marga Abadi. "Banyak masyarakat bilang program (rumah rakyat) ini sangat membantu. Kemarin kita sudah resmikan perumahan untuk MBR di Cikarang (Jawa Barat) dan sekarang di Balikpapan. Nanti menyusul kota-kota lainnya, " kata Jokowi. 

Selain ibu negara dan Menteri BUMN, turut mendampingi Jokowi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Dirut BTN Maryono, dan Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata. Pacu Pasokan Sementara itu, Ketua Umum DPP Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata menyambut gembira dan siap mendukung penuh komitmen Presiden Jokowi dalam pembangunan rumah rakyat bagi MBR. Apalagi REI sudah mengikrarkan diri sebagai Garda Terdepan Membangun Rumah Rakyat. 

"Kami senang sekali Bapak Presiden Jokowi berkenan meninjau lokasi proyek rumah subsidi yang dibangun anggota REI yakni PT Karya Pama Marga Abadi di Balikpapan. REI memang fokus membangun rumah MBR sekarang, dan kami punya target membangun 200.000 unit rumah rakyat di 2017, sehingga kunjungan ini diharapkan memacu pengembang di daerah lain untuk memasok lebih banyak rumah rakyat," tegas pria yang akrab dipanggil Eman itu kepada wartawan. 

Ketua Umum REI yang sempat meninjau sejumlah lokasi perumahan rakyat milik anggotanya di Balikpapan itu menambahkan semangat pengembang daerah cukup tinggi membangun rumah subsidi. Di Provinsi Kalimantan Timur saja, tahun ini target akan dibangun 8.000 hingga 10.000 unit rumah, dan hingga Juni 2017 sudah terealisasi separuhnya.

Dia memastikan REI akan terus membangun rumah rakyat guna membantu pemerintah menyediakan rumah layak dan terjangkau. Namun, Eman juga mengharapkan program mulia ini juga di-support penuh stakeholder lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI