Hunian Bersubsidi Tematik Jepang Bakal Berdiri Dekat BIY

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Hadirnya Bandara Internasional Yogyakarta International (BIY) tidak hanya berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di Kulonprogo, tapi juga membawa harapan baru bagi wilayah Purworejo Jawa Tengah (Jateng). Peluang ini ditangkap PT Andara Rejo Makmur (ARM) dengan segera membangun perimahan.

Owner PT ARM, Arief Wicaksono mengatakan perumahan Andara Terrace Residence (ATR) nantinya bersubsidi namun dengan fasilitas hunian mewah. Perumahan ini hanya berjarak enam menit dari Bandara YIA Kulonprogo dan tiga menit dari Stasiun Wojo Bagelen Purworejo.

“Kami akan membangun 600 unit rumah secara bertahap di atas lahan seluas 5,8 hektar di Desa Bapangsari, dan Dadirejo, Bagelen. Meskipun berstatus rumah subsidi, namun spek rumah bisa dibilang mewah,” ujar Arief Wicaksono, Selasa (11/11/2020).

Arief Wicaksono menuturkan, ATR merupakan inovasi perumahan masa kini pertama di Indonesia yang mengusung konsep tematik Jepang. Dengan ikon Torii atau gerbang (gapura) ala kuil Shinto di Jepang. Yang berwarna merah oranye menyala sebagai simbol kehidupan dan keselamatan.

“PT ARM juga telah berkonsultasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng terkait adanya Benteng Pendem peninggalan dari jaman penjajahan Jepang 1942-1945. Situs ini memiliki nilai historis yang tinggi. Dinparbud Purworejo sudah memberikan lampu hijau agar bisa dimaksimalkan untuk kegiatan pariwisata,” ungkap Arief Wicaksono.

Direktur Utama PT ARM Ardian Wibisono menyampaikan di kawasan ATR juga akan dibangun Pagoda Jepang dan lorong yang bertulisakan 99 Asmaul Husna dengan huruf Kanji Jepang. Selain sebagai tempat wisata, juga melambangkan perpaduan Islam dan budaya Jepang.

“Untuk menjamin kenyamanan penghuninya, ATR juga dilengkapi klinik, pusat perbelanjaan, dan playgroup. Masjid ada di lantai bawah pagoda, sedangkan di bagian atas adalah gardu pandang untuk melihat sunset,” terang Ardian Wibisono.

Head Of Sales and Marketing PT ARM Tiara Cahya Atikasari ST menjelaskan, peresmian dan peletakan batu pertama, akan dilaksanakan Januari 2021. Sedangkan untuk serah terima kunci rumah pertama akan dilakukan Februari 2021.

“Tidak hanya berorientasi terhadap profit, ATR merupakan salah satu bukti nyata bahwa PT ARM sebagai pengembang memiliki visi dan misi melakukan pemberdayaan. Hadir dan memberikan manfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” jelas Tiara Cahya.

Menurut Tiara Cahya, ATR memberikan daya tarik tersendiri dibandingkan dengan perumahan lain yang ada di Indonesia. Sebagai perumahan mewah bersubsidi, ATR memberikan penawaran menarik dengan harga yang sangat terjangkau.

“Harapan kami, seluruh kalangan di Indonesia dapat menikmati dan memiliki rumah tinggal ala Jepang di lokasi yang sangat strategis, di pinggir jalan besar utama. Sungguh investasi yang
sangat menjanjikan,” imbuhnya. (*)

BIY

BERITA REKOMENDASI