Tips Atasi Debu Rumah di Pinggir Jalan

BAGI Anda yang tinggal di rumah yang letaknya di pinggir jalan biasanya akan menghadapi masalah hadirnya debu di rumah. Masalah tersebut akan mengurangi kenyamanan tinggal karena debu yang mengotori rumah. 

Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi masalah debu di rumah. Terutama bagi yang tinggal di wilayah yang padat arus lalu lintasnya, Anda bisa menerapkan hal berikut agar kenyamanan di dalam rumah tetap terjaga. 

1. Tanaman di Depan Rumah

Pohon yang ditanam di halaman depan rumah bisa menghadang debu dari pinggir jalan. Pohon juga membantu menyerap polusi udara, sehingga pohon sangat bermanfaat untuk membuat rumah pinggir jalan Anda terasa asri. Oleh sebab itu, sediakan lahan yang cukup di depan rumah untuk menanam pohon favorit Anda.

2. Hindari Penggunaan Karpet

Memang benar jika karpet bisa mempercantik tampilan ruangan dan mengurangi dampak kebisingan di dalam rumah, namun karpet disarankan jangan digunakan di rumah pinggir jalan. Sebab debu sangat mudah menempel pada karpet karena karpet umumnya mudah menyerap debu.

Jadi, sebaiknya Anda gunakan saja lantai kayu, keramik atau marmet dan biarkan lantai tampil apa adanya tanpa ada karpet. Sehingga Anda mudah membersihkan lantai rumah yang berdebu setiap harinya.

3. Ganti Seprai Seminggu Sekali

Debu juga mudah bersarang pada seprai bantal kamar atau sarung bantal sofa. Guna mengatasinya, Anda bisa menepuk bantal tersebut agar debunya tersingkirkan. Namun, hal tersebut belum cukup bersih, jadi sebaiknya Anda mengganti sarungnya minimal dua minggu sekali. (*)

(sumber : Rumahku.com) 
 

BERITA REKOMENDASI