Era Digital, IKM DIY Diminta Miliki Strategi Pemasaran

user
danar 07 Oktober 2021, 21:50 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Industri Kecil Menengah (IKM) di DIY sudah saatnya mengelola usahanya secara profesional termasuk dalam hal pemasaran terlebih di era digitalisasi maupun di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, pelaku IKM di DIY harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat menghadapi kondisi pasar akibat perkembangan teknologi dan pandemi supaya usaha berjalan maksimal serta berkembang.

Hal tersebut ditekankan Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Aris Riyanta di Yogyakarta, Kamis (7/10/2021). Disperindag DIY dalam hal ini menggandeng pelaku IKM yang sudah berkembang, praktisi dan akademisi guna memberikan sosialisasi upaya peningkatan kualitas pengelolaan usaha pelaku IKM.

"Keberlangsungan usaha atau sustainability dan kepercayaan atau trust konsumen atau masyarakat perlu dipelihara dengan sebaik mungkin. Sehingga IKM diminta mengelola usahanya secara profesional, salah satunya perihal pemasaran atau marketing. Dengan demikian dibutuhkan strategi pemasaran agar usaha berjalan maksimal dan berkembang menjadi lebih besar," tutur Aris.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM Teguh Budiarti menyatakan terdapat 3 hal pokok penting yang harus diperhatikan dalam pemasaran yaitu Pemasar, Pasar dan Pesaing. Pemasar yang dimaksudkan adalah individu atau organisasi yang menciptakan, mempertukarkan dan menyampaikan nilai-nilai, membangun relasional, dan membangun jaringan pasar pada periode waktu maupun tempat tertentu.

"Pasar adalah himpunan individu dan organisasi yang mempunyai kebutuhan dan keinginan, berdaya beli, berminat membeli barang dan jasa. Selanjutnya Pesaing adalah pemasar lain yang memperebutkan pasar yang sama, dengan mempertahankan atau merebut, mengikuti pemimpin pasar atau mencari pasar pinggiran dengan cara berperang atau bekerja sama," paparnya.

Owner Bahana Batik Erwin Yuniati menyampaikan dalam membuat strategi pemasaran, kompetensi yang harus dimiliki pengusaha adalah kritis, kreatif, komunikatif dan kolaborasi untuk mewujudkan usaha yang sukses. Komunikatif sangatlah penting dalam pemasaran, dalam berkomunikasi dengan calon pelanggan maka harus mempunyai artikulasi, intonasi, volume suara, audability, pitch, stressing penekanan kalimat, kecepatan berbicara, kelancaran, warna suara dan tone yang baik.

"Teknik pemasaran dalam meningkatkan penjualan antara lain ketahui target pasar, menetapkan harga produk, gunakan teknik promosi lalu pilihlah tempat strategis. Tempat pemasaran bisa melalui media konvensional yaitu leaflet, spanduk, baliho, neon box, pameran, fashion show, pembicara, media cetak dan elektronik, sponsorship, discount dan penawaran-penawaran. Sedangkan melalui media digital seperti media sosial,pasar digital, marketplace dan sebagainya," imbuhnya. (Ira)

Credits

Bagikan