Sambut Ramadhan, Bank BPD DIY QUATkan Sedekah Digital

user
tomi 18 April 2021, 16:37 WIB
untitled

YOGYA,KRJOGJA.com - Sambut Ramadhan 1442 H, Bank BPD DIY kenalkan cara berinfaq dan bersedekah nontunai dengan mudah melalui fasilitas QRIS Ultimate Automated Transaction (QUAT).

Fasilitas berinfaq dan bersedekah dengan cara nontunai itu disosialisasikan kepada para pengurus masjid dan tempat ibadah.

QUAT merupakan aplikasi penerbitan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) bagi pemilik usaha atau tempat ibadah dengan QR code sebagai sarana scan agar lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Hingga saat ini sudah 296 tempat ibadah yang tersebar di seluruh DIY menggunakan QUAT. QUAT untuk tempat ibadah adalah fasilitas yang diberikan kepada masjid melalui pengurus masjid untuk memudahkan penerimaan sedekah dari masyarakat secara praktis, mudah dan dapat dilakukan di mana saja.

"Kami berharap dapat menjadi percontohan bagi lembaga lainnya untuk memanfaatkan QRIS sebagai kanal pembayaran nontunai untuk transaksi sosial, seperti zakat, infaq, sodaqoh (ZIS) serta donasi sosial lainnya," imbuh Santoso.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan, selain mudah, penggunaan QUAT untuk pembayaran sedekat atau donasi sosial juga sangat menguntungkan, karena pihak penyelenggara (masjid atau lembaga sosial) tidak dikenakan biaya Merchant Discount Rate (MDR) MDR 0 persen.

“Dengan penggunaan QR Code ini, proses untuk menghimpun sedekah dari jamaah bisa semakin mudah dan cepat. Caranya, masyarakat cukup scan QR Code yang tertera di masjid atau panti asuhan melalui gawai yang sudah terhubung dengan aplikasi dompet digital.” jelas Santoso.

Setelah di scan dengan mencantumkan nominal uang yang disedekahkan, secara otomatis uang itu akan masuk ke rekening bank milik masjid yang bersangkutan. Pengurus masjid tidak perlu menghitung uang sedekah dari jamaah, pelaporan uang juga lebih akurat, meminimalisasi kesalahan dan menghindari pencurian uang dibandingkan secara tunai.

Sosialisasi QRIS kepada pengurus masjid dan tempat ibadah terus dilakukan dengan tujuan agar ke depan masjid-masjid maupun lembaga sosial lainnya dapat memanfaatkan QRIS untuk memudahkan masyarakat dalam bersedekah atau memberikan donasi secara nontunai.

Bank BPD DIY terus berupaya untuk melakukan aktivasi QRIS kepada tempat-tempat ibadah dan lembaga sosial, program ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi jamaah yang ingin melakukan sadaqah secara nontunai.  (*)

Credits

Bagikan