6 Tips Aman Dapatkan Laptop Baru dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit bagi Mahasiswa

user
tomi 26 Februari 2021, 05:05 WIB
untitled

Di zaman sekarang, setiap orang harus memiliki tingkat mobilitas yang tinggi agar tidak tertinggal dengan yang lainnya. Hal inilah yang membuat perangkat serbaguna, praktis, dan portable, seperti smartphone dan laptop, banyak dicari oleh masyarakat. Tanpa adanya kedua gawai tersebut, hampir mustahil seseorang dapat mengikuti perkembangan zaman yang pesat seperti saat ini.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan kedua gadget tersebut, membutuhkan dana yang tidak sedikit. Terutama laptop yang dibanderol dengan harga mencapai belasan juta Rupiah agar spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Bagi Anda yang sudah berpenghasilan, mungkin dapat menyisihkan sebagian gaji untuk menabung dan membeli laptop baru. Namun, lain halnya bagi mahasiswa yang mayoritas biaya hidupnya masih ditanggung oleh orang tua. Padahal, kebutuhan laptop bagi mahasiswa sama pentingnya dengan para pekerja kantoran.

Hampir setiap hari, mahasiswa pasti butuh menggunakan laptop, entah untuk mengerjakan tugas, menyampaikan presentasi, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana solusinya bagi mahasiswa yang ingin membeli laptop baru? Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan layanan cicilan tanpa kartu kredit.

Mengajukan cicilan tanpa kartu kredit merupakan salah satu cara paling efektif bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan laptop baru dengan spesifikasi yang diinginkan. Nah, sebelum Anda mengajukan kredit tanpa kartu, ada baiknya untuk memerhatikan beberapa tipsnya berikut ini. Dengan begitu, tabungan tidak akan habis hanya untuk membeli laptop dan uang kiriman dari orang tua dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penting lainnya.

1. Pahami Dulu Konsep Cicilan Tanpa Kartu Kredit dan Hitung Rasio Cicilan yang Aman

Pada dasarnya, membeli laptop dengan cicilan tanpa kartu kredit atau paylater tidak jauh berbeda dengan produk pinjaman cepat lainnya. Hanya saja, Anda perlu memahami setiap bulan, arus keuangan akan selalu tergerus untuk membayar cicilan tersebut. Selain itu, cicilan tanpa kartu kredit sudah pasti akan membuat harga laptop membengkak jika dibandingkan dengan membelinya secara tunai.

Agar pembayaran cicilan laptop lancar hingga akhir, pastikan jumlah tagihannya setiap bulan tidak lebih dari 20 persen pemasukan Anda. Dengan begitu, beban keuangan tidak akan terlalu berat dan Anda tetap dapat memenuhi segala kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya.

2. Tentukan Budget Pembelian Laptop dan Spesifikasi yang Dibutuhkan

Semakin canggih spesifikasi sebuah laptop, sudah pasti harganya juga akan lebih melambung tinggi. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membeli laptop dengan cicilan tanpa kartu kredit, cari tahu dulu budget dan spesifikasi laptop yang dibutuhkan.

Jangan asal memilih laptop dengan harga tinggi dan mengabaikan kemampuan finansial. Bisa-bisa seluruh pemasukan habis terkuras untuk membayar cicilan laptop saja dan tidak ada sisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Yang penting, bandingkan harga dan spesifikasi laptop dari merek yang berbeda. Pasalnya, bukan tidak mungkin merek laptop tertentu memiliki harga lebih terjangkau untuk spesifikasi yang tidak kalah dengan merek lain.

3. Bandingkan Harga dan Potensi Promo di Banyak Toko Laptop

Selain membandingkan harga dan spesifikasi dari merek laptop berbeda, Anda juga harus membandingkan harga dan potensi promo yang dimiliki oleh banyak toko laptop berbeda. Sebab, Anda tidak akan tahu seberapa ketat persaingan harga yang dilakukan oleh setiap toko laptop tersebut dalam menarik minat beli konsumen.

Hal serupa juga perlu dilakukan ketika akan memilih penyedia layanan. Beberapa poin penting yang wajib dibandingkan dalam memilih layanan cicilan adalah tingkat suku bunga, variasi tenor pembayaran, dan denda keterlambatan. Jika Anda melakukan riset pada poin-poin tersebut, dijamin pengajuan cicilan tanpa kartu kredit akan memberi keuntungan maksimal.

4. Ketahui Segala Syarat Kredit Laptop

Setelah menemukan toko dan penyedia cicilan yang tepat, selanjutnya Anda harus mencari tahu segala syarat pengajuannya. Tak dapat dipungkiri jika setiap penyedia layanan kredit tanpa kartu pasti memiliki sejumlah syarat yang mungkin tidak dibebankan oleh layanan lainnya walaupun hampir semuanya cukup mudah untuk dipenuhi.

Oleh karena itu, agar proses pengajuan cicilan tanpa kartu bisa dilaksanakan dengan lancar, pastikan untuk memahami segala syarat dan ketentuannya.

5. Jangan Ragu Lakukan Simulasi Kredit

Simulasi kredit merupakan fitur yang dapat menjamin layanan cicilan tanpa kartu kredit yang nantinya diajukan tidak akan sampai terlalu membebani keuangan. Dengan melakukan simulasi kredit, Anda dapat mengetahui jumlah angsuran yang harus dibayar setiap bulannya.

Jika jumlahnya masih terlalu berat bagi keuangan, Anda bisa mengajukan kredit dengan tenor yang lebih lama atau meminta keringanan suku bunga. Saat cicilannya masih terlalu berat, Anda dapat mencari penyedia cicilan tanpa kartu kredit atau mengganti jenis laptop yang ingin dibeli. (*)

Credits

Bagikan