BPH Migas Apresiasi Kinerja Pertashop di Sleman

user
danar 04 September 2020, 21:10 WIB
untitled

SLEMAN, KRJOGJA.com - Badan Pengatur Hilir (BPH) Minyak dan Gas (Migas) mengapresiasi kinerja Pertashop Pertamina dengan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax tertinggi se-Indonesia. Pertashop merupakan wujud komitmen Pertamina dalam menyetarakan energi hingga pelosok negeri sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan BBM setara Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dari tengah desa.

"Pertashop ini bisa menjadi percontohan karena dengan penjualan omset 1 kiloliter setiap harinya," ujar Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa di sela kunjungan kerjanya di Pertashop Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman pada Kamis (3/9/2020).

Fanshurullah mengatakan Pertashop di Desa Umbulharjo tersebut telah menyalurkan BBM harian sebanyak 600 liter per hari, padahal baru berjalan selama tiga bulan sejak Juni 2020. Sedangkan penyaluran di Pertashop bisa mencapai 1 hingga 1,2 KL pada saat akhir pekan atau weekend.

"Pertashop ini merupakan gambaran riil bahwa bisnis ini sangat potensial, kisaran 2,5 tahun bisa kembali modal. Sementara itu, bisnis SPBU saja nilai investasi mencapai Rp 10 miliar dan perlu 10 tahun untuk mencapai break even point (BEP)," tambahnya.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan DIY Anna Yudhiastuti mengungkapkan pihaknya berupaya untuk terus menambah jumlah Pertashop di daerah pedesaan. Setidaknya total 70 Pertashop sudah ada di DIY dan Jateng saat ini. Pertamina telah mengusung program One Village One Outlet (OVOO), dimana setiap satu kecamatan akan memiliki mini outlet Pertashop khususnya yang belum tersedia SPBU.

"Kami memiliki dua skema investasi, yaitu investasi Pertamina dan investasi oleh lembaga mitra seperti lembaga desa seperti BUMDes ataupun lembaga swasta," kata Anna.

Dalam rangka memperingati hari pelanggan nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September, PT Pertamina (Persero) memberikan promo menarik kepada konsumen yaitu cashback 30 persen pembelian BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex serta promo tukar tabung elpiji 3 kg bersubsidi ke Bright Gas dengan total potongan mulai dari Rp 123 ribu hingga Rp 135 ribu selama periode 1 hingga 30 September 2020. Selain memberikan apresiasi kepada pelanggan setia produk Pertamina, peringatan Hari Pelanggan juga menjadi sarana edukasi terhadap konsumen dalam meningkatkan pengetahuan produk dan program lainnya.

"Salah satu program yang terus kita berikan edukasi kepada masyarakat adalah penggunaan pembayaran non tunai seperti pembayaran dengan LinkAja melalui aplikasi MyPertamina," tandas Anna. (Ira)

Kredit

Bagikan