Meski Pandemi Covid-19, Palem Craft Perluas Akses Pasar Eropa

user
danar 04 September 2020, 06:10 WIB
untitled

BANTUL, KRJOGJA.com - Salah satu mitra binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY, Palem Craft yang merupakan produsen home decor terus memperluas akses pasarnya dengan menggaet buyer dari Eropa khususnya dari Belgia dan Perancis. Dengan keberhasilan salah satu UMKM premium mitra binaan BI via Grebeg UMKM DIY seja 2017 lalu, akhirnya tetap bisa mengekspor produknya selama masa pandemi Covid-19.

Deputi Kepala Perwakilan BI DIY Miyono mengatakan Palem Craft merupakan mitra binaan BI dalam event Grebeg UMKM DIY pertama pada 2017 lalu yang telah menunjukkan performanya dan mampu menjaga kualitas produk, kapasitas produksi dan kontinuitas. Palem Craft terus menjadi mitra binaan BI DIY dan mendapatkan pendampingan sesuai dengan kebutuhannya.

"Grebeg UMKM DIY telah memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi UMKM Mitra binaan BI DI dan Pemda DIY. Mempertimbangkan dampak maupun manfaatnya inilah, Grebeg UMKM DIY menjadi annual event yang dipersembahkan guna meningkatkan usaha sekaligus membuka akses UMKM DIY," ujar Miyono didampingi Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana, Kepala DPPM DIY Agus Priono dan perwakilan dari Kadin DIY disela-sela pelepasan produk UMKM Palem Craft ke pasar Eropa di Kasongan Bantul, Kamis (3/9/2020).

Miyono menyampaikan mengambil filosofi pohon palem yang tiap bagiannya bermanfaat, UMKM asli Yogyakarta ini berfokus mencipta dekorasi rumah berbahan alami. Mengolah 100 persen bahan lokal, Palem Craft berhasil melakukan pemberdayaan dan mensejahterakan masyarakat sekitar.

"Dengan Grebeg UMKM DIY yang diinisiasi BI DIY, kami mendapatkan banyak keuntungan mulai dari berbagai pendampingan dan fasilitasi sehingga mampu membuka akses pasar Palem Craft. Kami mendapat order ekspor pertama dari Bazaar Bizar pada 2019 yang sudah enam kali dikirimkan 6 kali hingga September 2020 ini," kata Pemilik Palem Craft Effendy Anakottapary.

Deddy menuturkan adapun produk yang menjadi favorite adalah lampu, mirror dan wall deco. Setelah mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang difasilitasi BI DIY, Palem Craft berhasil merambah pasar Perancis sehingga jangkauan ke pasar Eropa semakin luas.

Di masa pandemi Covid-19, Miyono menambahkan Premium Expo UMKM DIY 2020 ini disajikan dalam kemasan yang berbeda melalui virtual melalui www.grebegumkmdiy.com. Website ini ke depan akan menjadi showcase Produk UMKM premium DIY yang telah lolos kurasi dari BI DIY bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) DIY.

"Website ini akan menjadi meeting point antara Owner UMKM DIY dan potential buyer. Disini, produk UMKM premium DIY ditampilkan melalui visual yang memanjakan mata," imbuhnya. (Ira)

Kredit

Bagikan