Ekonomi RI Tumbuh 5,03% dalam 9 Bulan

user
tomi 06 November 2017, 23:53 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang secara kumulatif triwulan satu hingga tiga pada 2017 mencapai 5,03%, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Secara triwulanan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan triwulan ketiga tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya

"Pertumbuhan ekonomi triwulan ini memang baik, walaupun cenderung moderat. Pemerintah memiliki peluang untuk meningkatkan lagi,” ujar Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta di Jakarta, Senin (6/11/2017).

Jika melihat data yang dikeluarkan oleh BPS, lanjutnya, industri pengolahan juga tumbuh positif. Pada triwulan ini mencapai 4,84 %, lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya ataupun triwulan pertama dan kedua.

Bukan hanya industri makanan dan minuman yang tumbuh, tetapi juga industri tekstil dan pakaian jadi yang didorong oleh peningkatan permintaan. Industri olahan pakaian ini sangat penting, karena merupakan industri padat karya yang menampung tenaga kerja yang sangat besar.

Selain itu, dia mengungkapkan, kinerja sektor perdagangan juga membaik dengan tumbuh 5,50%. Sementara periode yang sama tahun sebelumnya hanya 3,65%. “Jadi kita harus optimistis bahwa kinerja perekonomian akan membaik,” tegasnya. (*)

Kredit

Bagikan