Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Diprediksi Lebih Rendah

user
tomi 05 Juli 2017, 23:26 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memerkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2017 (April-Juni) akan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya menyusul bergesernya realisasi pengeluaran pemerintah dan masyarakat ke kuartal III.

Menurut Agus, peningkatan konsumsi masyarakat belum sesuai ekspetasi karena pencairan gaji ke-13 tahun ini dibayarkan di kuartal III dan juga beberapa kegiatan ekonomi yang bergeser ke pertengahan tahun. "Selain itu pengeluaran pemerintah juga lebih pelan," ujar dia di Dewan Perwakilan Rakyat di Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Agus masih enggan mengungkapkan revisi perkiraan pertumbuhan ekonomi di kuartal II. Sebelum direvisi, Bank Sentral memperkirakan ekonomi paruh kedua tahun ini akan tumbuh 5,11% (year on year/yoy).

Meskipun demikian, katanya, koreksi pertumbuhan ekonomi di kuartal II 2017, tidak akan berdampak signifikan terhadap kegiatan ekonomi sepanjang tahun. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi di kuartal III (Juni-September) dan kuartal IV (Oktober-Desember) akan lebih baik dari perkiraan sebelumnya karena beberapa kegiatan ekonomi yang bergeser di dua kuartal tersebut. (*)

Kredit

Bagikan