Moka Dukung Pemasaran Digital UKM di Yogyakarta

user
tomi 27 Agustus 2018, 16:20 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Moka, startup penyedia layanan kasir digital, mendukung pegiat UKM Yogyakarta menjadi wirausaha kreatif melalui acara A Cup of Moka yaitu diskusi edukatif yang dikhususkan bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan solusi teknologi.

Diadakan di ‘Lantai Bumi’, kedai kopi di Sleman, Yogyakarta, acara diisi dengan seminar mengenai strategi menjalankan bisnis dari sisi operasional sampai dengan pemasaran, hingga sharing session bersama dengan pemilik usaha untuk saling berbagi tips dan pengalaman.

Bertemakan strategi pemasaran digital, Moka yang telah dipercaya oleh lebih dari 10.000 outlet di Indonesia berbagi tips kepada para pelaku usaha untuk mengiklankan produk dan jasanya melalui platform digital. Strategi periklanan merupakan satu diantara berbagai jenis pemasaran yang dapat dijalankan oleh para pelaku usaha, di mana Iklan merupakan metode yang efektif untuk menyediakan informasi mengenai produk dan jasa usaha untuk para pelanggan yang mencari tahu produk yang akan mereka beli.

Menurut Head of Digital Moka, Ferdi Anggriawan, tiga hal utama yang perlu diingat sebelum memasarkan produk dan jasa dari bisnis yang dijalani adalah menciptakan strategi retensi, mengatur pesan utama dalam pemasaran sebelum memilih media yang tepat, serta optimisasi pemasaran melalui channel digital. 

"Di Amerika Serikat, misalnya, satu orang melihat setidaknya 4,000 iklan dalam satu hari. Sudah menjadi tugas utama bagi para pelaku usaha untuk dapat mendefinisikan cara yang efektif untuk mengiklankan produknya di era yang penuh distraksi ini," ujarnya.

Ferdi menjelaskan strategi mengiklankan bisnis di platform digital merupakan sekumpulan inisiatif untuk mengurangi jumlah pelanggan yang pindah atau berhenti menggunakan produk maupun jasa dari bisnis yang dimiliki. Strategi retensi dalam bisnis juga sangat berpengaruh untuk menjadikan bisnis, khususnya bagi UKM, menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Untuk eksekusinya, kata Ferdi setelah menentukan strategi retensi yang tepat, penentuan pesan utama untuk iklan bisnis bisa didapatkan dengan cara segmentasi konsumen agar para pelaku bisnis dapat memberikan pesan yang tepat. “Setelah menentukan pesan utama, pelaku usaha dapat manfaatkan channel digital karena lebih mudah dalam mengontrol budget, segmentasinya bisa diatur, dan mendapatkan manfaat yang bisa dikalkulasi dengan lebih efektif,” lanjut Ferdi. (*)

Kredit

Bagikan