Generasi Muda Didorong untuk Cerdas APBN

user
tomi 24 Juli 2018, 14:44 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) menjadi instrumen penting pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Oleh karenanya generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa didorong untuk memahami APBN ini, sehingga nantinya dapat mengelolanya dengan baik.

Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) Yogyakarta, Dr Eko Suwardi mengatakan, dengan paham dan cerdas APBN, generasi muda akan mampu memanfaatkan APBN dengan sebaik-baiknya, ketika kelak menjadi pengusaha  rekanan pemerintah atau sebagai pelaksana di pemerintahan.

BACA JUGA :

Kuartal-I/2019, Realisasi APBN Rp419 Triliun

UGM Gagas Mobil Cerdas Olah Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

"Kalau generasi muda sudah cerdas APBN pasti tau cara menggunakan APBN dengan sebaik-baiknya," terang Eko dalam kuliah umum bertema 'Membangun APBN yang Kuat dan Generasi Muda yang Cerdas APBN' di Auditorium BRI lantai 2, Gedung Program Magister Sains dan Doktor, FEB UGM Yogyakarta, Senin (23/7/2018).

Menurut Eko, APBN merupakan alat/instumen mencapai cita-cita negara yaitu terwujudnya kesejahteraan rakyat. FEB UGM terus mendorong dan menfasilitasi mahasiswanya memperoleh informasi lengkap tentang APBN langsung dari sumbernya. "Di sektor swasta, kita mengundang CEO untuk berbagi pengalaman dengan memberikan kuliah umum bagi para mahasiswa," ucapnya.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman ST MA PhD menjelaskan, mahasiswa Fakultas Ekonomi harus mengerti struktur ekonomi Indonesia, karena menjadi dasar dalam menentukan kebijakan. Dengan begitu, mahasiswa bisa memahami sejumlah kebijakan ekonomi, tak terkecuali kebijakan terkait utang Indonesia. (Dev)

Kredit

Bagikan