Bencana Alam Dongkrak Inflasi Juni

user
danar 21 Juni 2016, 23:50 WIB
untitled

BANTUL (KRjogja.com) -  Inflasi di bulan Juni 2016 yang sebelumnya diperkirakan sekitar 0,10 karena kenaikan harga-harga menjelang Lebaran, namun dengan kejadian bencana alam di beberapa daerah di Jawa Tengah diperkirakan bakal mendongkrak kembali inflasi hingga 0,24 persen.

"DIY jelas terimbas dengan kejadian bencana alam, longsor, banjir dan sebagainya terutama dari sisi transportasi  karena banyak kebutuhan pokok di Yogya dari daerah Jawa Tengah, seperti misalnya bawang dari Tegal dan Brebes yang saat distribusi melewati daerah bencana harus memutar," papar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, Bambang Kristianto kepada KRjogja.com Senin (21/06/2016) di ruang kerjanya, Ringroad, Tamantirto Kasihan Bantul.

Inflasi sebesar 0,24 persen lanjut Bambang sudah cukup besar, namun masih lebih kecil dibanding periode yang sama Juni 2015 lalu sebesar 0,36 persen. "Tahun lalu ada kenaikan harga BBM yang menimbulkan kenaikan harga secara merata dan mendongkrak inflasi jadi tinggi," jelas Bambang. (*-2)

Kredit

Bagikan