Tiga Tips Kurangi Sampah Rumahan

user
tomi 16 Juni 2016, 13:23 WIB
untitled

SAMPAH menjadi masalah karena jumlahnya yang terus bertambah dan sulit dikurangi. Baik itu sampah organik maupun anorganik yang sulit terurai menjadi masalah yang harus diatasi bersama-sama oleh setiap orang di muka bumi ini.

Ada beberapa langkah sederhana untuk meminimalisir sampah dengan mengusung prinsip 3R yaitu reduce atau mengurangi penggunaan barang yang bisa merusak lingkungan, reuse atau pemakaian kembali barang bekas, dan recycle atau mendaur ulang barang. Berikut ada tiga hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi sampah sebagaimana dilansir dari laman resmi rumahku.com :

1. Hindari Pemakaian Barang Sekali Pakai

Tiga Tips Kurangi Sampah Rumahan

Sebaiknya Anda hindari pemakaian barang sekali pakai yang harus dibuang setelah digunakan, seperti tisu, styrofoam dan piring kertas. Misalnya daripada menggunakan tisu untuk mengelap, lebih baik Anda menggunakan kain saat membersihkan sesuatu.

2. Gunakan Benda Yang Tahan Lama

Tiga Tips Kurangi Sampah Rumahan


Sebaiknya, gunakan benda rumah tangga seperti furnitur yang berkualitas meski harganya lebih mahal. Sebab, benda tersebut akan lebih awet digunakan bertahun-tahun sehingga Anda tidak perlu sering menggantinya dan hal ini sebenarnya membuat Anda lebih hemat untuk jangka panjang, serta tidak membuat volume sampah meningkat.

3. Kurangi Penggunaan Plastik dan Kertas

Tiga Tips Kurangi Sampah Rumahan


Sejumlah ritel di Indonesia telah menerapkan plastik berbayar agar masyarakat terbiasa membawa tas belanja sendiri dan mengurangi penggunaan plastik. Hal ini pun bisa diterapkan di rumah. Selain itu, kurangi penggunaan kertas karena seperti diketahui kertas diproduksi dari material kayu yang diolah dengan teknologi modern. Jika Anda mengurangi penggunaan plastik dan kertas, ini berarti Anda berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam. (*)

Kredit

Bagikan