Dorong Syariah, MES Harus Bersinergi

user
tomi 15 November 2019, 16:36 WIB
untitled

JAKARTA, KRJOGJA.com - Ketua Dewan Pembina, KH Ma’ruf Amin mengatakan ekonomi syariah dapat menjadi variable penting terciptanya arus baru ekonomi di Indonesia. Ekonomi syariah akan kuat jika umat diberdayakan dengan baik, antara ekonomi syariah dan pemberdayaan ekonomi umat, keduanya saling menopang.

"MES melalui jaringannya di berbagai daerah harus bisa bersinergi dengan pemangku kepentingan setempat untuk mensukseskan program pemberdayaan ekonomi umat. Syariah harus menjadi arus baru ekonomi di Indonesia. Ekonomi syariah akan kuat jika umat diberdayakan," kata Ketua Dewan Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah ( MES)  Ma'ruf Amin pada acara Silaturahmi Kerja Nasional ( Silaknas) MES, di Jakarta, Jumat (15/11).

Dikatakan  selama ini yang diurusi  arus atas, yang diharapkan bisa mengurusi arus bawah, ternyata konglomerat tidak menyentuh arus bawah dan uangnya juga tidak menetes ke bawah.  Karena itu, Ma’ruf juga menginginkan agar para pengusaha besar atau konglomerat tidak usah mengurusi ekonomi rakyat kecil.

"Perekonomian hanya dikuasai konglomerat, harapan agar berdampak  ke bawah, ternyata tidak, akhirnya muncul kesenjangan, yang kuat semakin kuat, dan yang lemah semakin lemah," terangnya.

Dalam konsep arus baru ekonomi Indonesia, juga ada harapan kemitraan antara yang kuat dan yang lemah, sehingga yang kuat menjadi semakin kuat, dan yang lemah menjadi kuat.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat MES, Edy Setiadi mengatakan Silaknas yang dilangsungkan setiap satu tahun sekali merupakan sarana untuk melakukan koordinasi, komunikasi dan evaluasi dalam mengokohkan visi dan misi organisasi di seluruh jenjang kepengurusan MES baik di tingkat nasional mauptm internasional.

“Hasil dari pada Silaknas ini diharapkan dapat menjadi resolusi kerja dan rencana aksi pada tahun 2020, serta diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahim antar sesame pengurus.” Kata Edy. (Lmg)

Kredit

Bagikan