Mengenal Manajemen Aset: Tujuan dan Fungsinya Untuk Perusahaan

user
Ary B Prass 18 Agustus 2022, 19:03 WIB
untitled

 JAKARTA, KRJOGJA.com -  Manajemen aset adalah salah satu pengelolaan dan siklus yang terjadi pada setiap perusahaan. Semua perusahaan membutuhkan sistem pengelolaan aset yang tepat untuk mengelola asetnya. Dalam dunia akuntansi aset merupakan sumber daya atau kekayaan dari suatu entitas.

Setiap perusahaan pasti mempunyai aset baik yang berwujud (tanah, bangunan, mesin produksi, peralatan produksi, dan lainnya) dan yang tidak berwujud (hak cipta, saham, merek dagang, dan lainnya).

Fungsi dan tujuan manajemen aset bagi perusahaan, diantaranya adalah

  1. Menjaga Nilai Aset yang Dimiliki Perusahaan

Fungsi dan tujuan diterapkannya manajemen aset yaitu untuk menjaga nilai aset yang dimiliki perusahaan tetap tinggi, dan memiliki usia yang lebih panjang. Serta menghindari terjadinya kerusakan pada aset agar tidak menyebabkan turunnya nilai jual.

  1. Memantau Terjadinya Penyusutan Aset Perusahaan

Penyusutan menjadi salah satu risiko atas penggunaan aktiva tetap (mesin produksi, peralatan produksi, dan lainnya), mulai dari penyusutan fungsi hingga nilai jualnya. Tapi, dengan adanya manajemen aset perusahaan bisa lebih mudah dalam melakukan pemantauan terhadap penyusutan tersebut.

  1. Mempermudah Perusahaan dalam Membuat Anggaran

Kegunaan manajemen aset adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengoptimalkan aset perusahaan. Sehingga dengan adanya manajemen aset tersebut, perusahaan akan lebih mudah dalam membuat perencanaan yang berhubungan dengan pendanaan aset.

  1. Mencegah Perusahaan Melakukan Pembelian yang Berlebihan

Dengan menerapkan manajemen aset yang baik, suatu perusahaan dapat lebih mudah dalam mengontrol semua aset-asetnya dengan baik. Dengan begitu, perusahaan tersebut dapat menghindari pembelian atau pembelanjaan yang tidak diperlukan.

  1. Menciptakan Manajemen Risiko

Bagi Anda yang belum paham apa itu manajemen risiko, yaitu metode pengelolaan ketidakpastian yang berhubungan dengan ancaman yang merugikan perusahaan, contohnya seperti penilaian risiko. Dengan menerapkan manajemen aset yang baik, perusahaan bisa mencegah dan mengurangi risiko, dengan menambah dan mengambil langkah pengendalian yang diperlukan. Serta membuat rencana yang efektif untuk mencegah hal-hal yang dapat merugikan perusahaan.

  1. Meningkatkan Keamanan Aset yang Dimiliki Perusahaan

Seperti yang diketahui, kegiatan manajemen aset adalah bertujuan untuk mengelola aset dan sumber daya perusahaan. Dengan menerapkannya, aset yang dimiliki perusahaan akan tersimpan dan ter-maintenance dengan baik sejak pertama hingga akhir pemanfaatannya.

  1. Menjadi Bagian Penting dalam Penyusunan Neraca Akuntansi

Manajemen aset adalah kegiatan yang dapat difungsikan sebagai alat penyusun neraca akuntansi, apabila perusahaan benar-benar membutuhkannya.

Mengelola aset secara manual hanya akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya tanpa mendapatkan hasil yang sepadan. Untuk mengoptimalkan manajemen aset perusahaan Anda, Anda sebaiknya menggunakan software manajemen aset otomatis milik Talenta by Mekari.

Perangkat lunak ini memiliki fitur yang dapat mengotomatiskan proses manajemen aset Anda, yang terdiri dari pemantauan aset, pengecekkan depresiasi, penjadwalan pemeliharaan, pengelolaan kontrak, analisis biaya, dan pembuatan laporan aset yang lengkap dan akurat.

Kredit

Bagikan