Bayar Pajak Anti Ribet dengan E-Billing

user
Ary B Prass 20 Juli 2022, 02:56 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com – E-billing atau billing adalah suatu sistem pembayaran pajak yang dilakukan secara online atau menggunakan media elektronik. E-billing adalah salah satu sistem pembayaran pajak yang sudah diperbarui dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Metode pembayaran pajak secara elektronik ini dilakukan dengan membuat kode billing pajak pada aplikasi pajak online yang sudah tersedia.

Sistem e-billing pajak yang diberlakukan ini sudah dikelola secara langsung oleh badan perpajakan resmi Indonesia DPJ. Setelah pihak DJP melakukan identifikasi dari faktur pajak, maka pihak biller akan segera menerbitkan kode billing lewat sistem billing yang ada yang nantinya akan digunakan untuk membayar.

Sistem pembayaran elektronik yang diberlakukan ini sebenarnya berfungsi untuk memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan untuk WP yang ingin membayar pajak. Dengan cara ini, proses pembayaran dinilai lebih praktis dan efektif dan tidak memakan biaya yang besar.

Aplikasi billing elektronik ini memberikan sebuah solusi yang menyeluruh serta terintegrasi bagi semua masyarakat. Tentunya untuk melakukan pembayaran perpajakan hingga pajak perusahaan. Dengan sistem perpajakan billing elektronik ini, aplikasi ini juga bisa dipergunakan untuk melakukan pertukaran kode.

Anda bisa berbagi kode akun pajak atau KAP Anda kepada perusahaan lainnya untuk memudahkan kegiatan pembayaran secara bersamaan. Bukan hanya KAP, Anda juga bisa membagikan kode KJS (kode jenis setoran), dan juga kode billing elektronik NPWP Anda secara sekaligus.

Untuk mempermudah dalam membayar pajak, melalui perkembangan teknologi, kementrian keuangan Indonesia mengeluarkan cara baru untuk membayar pajak yaitu melalui e-billing. Cara pembayaran E-Billing ini dinilai lebih efektif dan juga praktis. Seperti yang sudah dijelaskan di atas terkait pengertian dari E-Billing yaitu pembayaran pajak melalui media elektronik.

Pembayaran pajak melalui E-Billing ini tidak lagi diperlukan datang ke tempat KPP atau pun pergi ke Bank, karena cukup dengan melalui website resmi ataupun melalui aplikasi yang menyediakan pembayaran pajak dengan metode E-Billing.

Dengan adanya metode E-Billing ini, membuat pembayaran pajak oleh para wajib pajak menjadi semakin meningkat. Terlihat peningkatan yang cukup drastis dalam pembayaran pajak ini. Hal ini karena dengan adanya metode pembayaran elektronik para wajib pajak menjadi semakin mudah dalam membayar pajak sesuai dengan nominal yang mereka perlukan.

Terlebih lagi saat ini sudah hadir aplikasi yang bisa mempermudah Anda dalam proses perpajakan yaitu aplikasi klik pajak. Aplikasi yang bergerak di bidang perpajakan dan dengan fitur lengkap serta mudah digunakan dan user friendly ini memudahkan para wajib pajak untuk bisa menunaikan kewajiban berwarga negara mereka yaitu melalui tertib membayar pajak. Aplikasi ini memiliki banyak fitur dan keunggulan di dalamnya.(*)

Kredit

Bagikan