6 Cara Mulai Bisnis Cucian Motor dan Resikonya

user
Agusigit 12 September 2022, 18:15 WIB
untitled

Krjogja.com - Usaha cucian motor menjadi salah satu usaha yang masih memiliki keuntungan yang lumayan. Dengan modal yang tidak terlalu besar, maka kamu bisa mendapatkan hasil yang lumayan. Karena tingginya angka sepeda motor di Indonesia membuat usaha jasa ini banyak diminati.

Sepeda motor merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Di masa lalu, sepeda motor dianggap sebagai barang mewah, tetapi sekarang telah menjadi barang wajib di hampir setiap rumah. Cara kredit menjadikan sepeda motor sangat mudah untuk dimiliki seperti jaman sekarang.

Banyak dealer kini berlomba-lomba menawarkan sepedanya dengan harga yang relatif murah atau penawaran kredit yang cepat dan mudah. Sepeda motor merupakan kendaraan yang cukup praktis untuk dibawa kemana-mana.

Pengguna sepeda motor mulai dari kelas atas hingga kelas bawah. Jadikan sepeda motor sebagai kendaraan sejuta umat karena banyak orang yang menggunakan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari.

Dalam hal ini menjadi peluang tersendiri untuk menciptakan peluang bisnis. Semakin tinggi tingkat kepemilikan sepeda, pemilik tidak punya waktu hanya untuk mencuci sepeda. Peluang bisnis ini dapat dimanfaatkan dengan mendengarkan target pasar pemilik sepeda motor.

Berikut langkah-langkah memulai bisnis cuci motor yang bisa kamu mulai pikirkan sebelum mulai bergerak.

1. Cara mencuci sepeda motor

Mencuci sepeda motor dipandang sebagai pekerjaan yang sepele. Namun sebelum memulai bisnis cuci motor, kamu harus terlebih dahulu mempelajari cara mencuci kendaraan bermotor yang benar. Cara mencuci yang salah juga bisa menimbulkan goresan pada bodywork sepeda motor atau lebih parah lagi, kerusakan mesin karena karat, efek resapan air saat mencuci sepeda motor.

Tentunya hal ini juga akan berdampak pada kepuasan pelanggan terhadap hasil cucian. Intinya, bahkan pelanggan yang puas dengan kinerja cuci sepeda motor akan kembali mencuci lagi. Hal ini jelas berpotensi menjadi pelanggan tetap jika mereka puas dengan semua aspek yang terdapat dalam pencucian sepeda motor.

Setelah mengetahui cara mencuci sepeda motor yang benar, penting untuk mengedukasi terlebih dahulu kepada karyawan baru agar hasil cucian antar karyawan sama. Dengan kualitas cucian motor yang bagus tentunya akan disukai banyak orang. Sehingga bisnis cuci motor semakin terkenal dan semakin banyak pelanggan yang datang.

2. Tempat yang strategis

Bisnis apapun tentunya lokasi juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kelangsungan bisnis. Mencari lokasi yang strategis dapat dilakukan dengan mencari tempat-tempat yang menciptakan peluang bagi perusahaan untuk memiliki banyak pelanggan.

Usaha cuci sepeda motor akan cocok jika berada di tempat seperti pinggir jalan, dekat dengan fasilitas umum seperti pasar, rumah sakit, stasiun, terminal, lokasi perbelanjaan seperti supermarket, pusat perbelanjaan, SPBU dan berbagai lokasi strategis lainnya. Yang meningkatkan kesadaran akan bisnis cuci mobil.

Posisi strategis juga secara tidak langsung mempengaruhi bisnis yang sedang berjalan. Pada dasarnya, semakin banyak orang tahu tentang bisnis, semakin banyak peluang orang untuk datang dan mencuci sepeda motor mereka.

3. Mencari karyawan

Mencari karyawan untuk bisnis cuci sepeda motor adalah cara yang pasti untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut untuk pertumbuhan. Selain sepeda motor, kendaraan bermotor seperti mobil, truk dan kendaraan lainnya juga dapat ditambah seiring dengan bertambahnya karyawan.

Semakin besar bisnisnya, semakin banyak orang akan mengetahuinya. Pembagian karyawan sesuai fungsinya masing-masing membuat perusahaan lebih terkonsentrasi dan lebih cepat dalam memberikan pelayanan.

Misalnya ada bagian kotak, khusus untuk cuci, jemur dan lainnya. Namun, jika masih pemula, pembagian kerja karyawan bisa diciutkan terlebih dahulu. Jika kamu mencari karyawan, pastikan kamu memiliki orang yang dapat dipercaya.

Dengan memiliki karyawan yang jujur, usaha cuci motor bisa berjalan dengan baik. Memiliki karyawan juga harus bisa menyetir. Membuat orang yang telah bekerja untuk kita nyaman juga merupakan suatu keharusan.

4. Strategi promosi

Kamu harus mulai mempertimbangkan strategi promosi di industri cuci motor dan mobil. Dengan promosi yang gencar dilakukan, banyak orang akan mengetahui usaha kamu. Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa melalui spanduk di tempat-tempat strategis yang banyak dilalui orang, membagikan brosur dan jejaring sosial.

Promosi dapat dilakukan lebih intensif pada segala cara yang dapat digunakan, tentunya dengan memberikan promosi khusus untuk menarik perhatian lebih banyak orang untuk mencoba mencuci kendaraannya.

5. Layanan maksimal

Dalam bisnis apa pun, pelanggan memiliki potensi untuk kembali jika mereka puas dengan layanan yang diberikan. Layanan yang terkesan sederhana membuat orang lebih asyik mencuci kendaraannya. Sebagai tempat menunggu yang nyaman dan tak kalah pentingnya adalah layanan cuci mobil yang selalu ramah kepada pelanggan.

Banyak orang tidak suka mencuci kendaraannya karena menunggu itu membosankan. Oleh karena itu, cara untuk menghadapinya adalah dengan menyediakan ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan.

6. Peluang penghasilan tambahan

Peluang dapat diperoleh untuk meningkatkan pendapatan usaha cuci motor dengan menambah sela-sela seperti berjualan aneka makanan dan jajanan yang umumnya banyak dinikmati masyarakat. Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan.
Tapi kalau bisa dilakukan sambil menikmati jajanan atau yang lainnya, tentu tidak akan terasa. Banyak perusahaan yang menerapkan cara ini dan membuktikan bahwa bisnis tambahan ini tidak kalah peminatnya dari bisnis utama.

Usaha sampingan ini untuk meningkatkan pendapatan dari kunci dan sebagai bentuk pelayanan kepada pelanggan agar mereka bisa lebih bersenang-senang sambil menunggu mobil dicuci.
Itu semua tentu memerlukan modal, sehingga apabila kamu mengalami kekurangan modal untuk usaha cuci motor maka kamu bisa meminjam kepada pihak ketiga dalam hal ini bisa bank atau lembaga pembiayaan lainnya.

Namun ketika kamu ingin meminjam melalui bank tentunya kamu akan menghadapi proses yang panjang dengan berbagai persyaratan yang rumit. Namun hal tersebut tidak akan kamu alami ketika meminjam melalui BFI Finance.

Hanya dengan gadai BPKB motor atau gadai BPKB mobil maka kamu akan mendapatkan uang pinjaman dengan proses yang cepat. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bunga yang kompetitif dengan tenor pembayaran yang disesuaikan, sehingga tidak memberatkan cicilan.

Risiko bisnis cuci sepeda motor

Setiap perusahaan tentu memiliki risikonya masing-masing. Sama seperti di industri pencucian mobil, ada juga risiko kerugian. Namun semua itu tidak membuat Anda takut untuk mengambil langkah sebelum memulai.

Faktanya, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tugas manusia adalah berusaha membuktikan sebanyak mungkin. Risiko dalam bisnis ini umumnya disebabkan oleh masalah-masalah berikut.

#Pelanggan kesepian yang datang untuk mencuci kendaraannya. Karyawan yang tidak jujur dan mereka mengambil keuntungan dari diri mereka sendiri.

#Ada yang iri dan berusaha merusak nama baik yang telah mereka bangun. Kerugian yang diperoleh dari kesalahan karyawan dalam pekerjaan.

Ada ketenangan dari pelanggan atas dampak pandemi, seperti yang terjadi saat ini. Itulah informasi tentang bisnis cuci motor yang harus Anda pikirkan sejak dini sebelum terjun. Jangan takut untuk berbisnis, karena ada banyak keuntungan tak terbatas untuk berbisnis.

Apapun rintangan yang menanti kita, akan selalu ada, namun sikap terbaik adalah menghadapi masalah dan fokus mencari solusi terbaik dari masalah tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi orang lain.

Credits

Bagikan