Resmi Listing di BEI, Waran Terstruktur Jadi Pilihan Investasi Baru Menjanjikan

user
Agusigit 19 September 2022, 17:12 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan produk investasi baru yang diterbitkan Anggota Bursa (AB), yaitu waran terstruktur di Main Hall BEI pada Senin (19/9). Waran terstruktur memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli suatu underlying asset, pada harga dan tanggal yang telah ditentukan (harga dan tanggal exercise). Adapun underlying asset tersebut merupakan saham-saham yang masuk dalam konstituen Indeks IDX30.

Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik mengatakan mekanisme perdagangan waran terstruktur tidak berbeda dengan equity waran yang saat ini sudah marak diperdagangkan di bursa. Perbedaan waran terstruktur dan equity waran adalah pada penerbit dan pada metode penyelesaian saat jatuh tempo. Equity waran diterbitkan perusahaan/emiten dari saham yang menjadi underlying, sedangkan waran terstruktur diterbitkan AB yang memenuhi persyaratan OJK.

"Jika investor tidak ingin menyimpan waran terstruktur hingga jatuh tempo, investor dapat memperjualbelikannya di pasar sekunder layaknya equity waran. Investor tidak perlu khawatir atas likuiditas waran terstruktur di pasar sekunder, karena terdapat liquidity provider yang memastikan investor dapat membeli atau menjual waran terstruktur setiap saat di pasar sekunder"tandasnya.

Pada tahap awal peluncuran waran terstruktur, diterbitkan tipe call waran, yaitu efek yang memberikan hak kepada pembelinya untuk membeli saham konstituen IDX30 di harga dan tanggal yang telah ditentukan (harga dan tanggal exercise). PT RHB Sekuritas Indonesia merupakan penerbit pertama waran terstruktur di pasar modal Indonesia. Waran terstruktur yang diluncurkan ada 3 seri, yaitu dengan underlying ADRO, UNVR, dan BBRI.

"Kami berharap waran terstruktur dapat menambah variasi produk investasi yang menarik bagi investor di pasar modal Indonesia. Kajian kami menunjukkan produk Waran Terstruktur ini akan memenuhi kebutuhan pasar, sehingga dapat menjadi pilihan bagi para investor dalam berinvestasi di pasar modal Indonesia”, ungkap Jeffrey.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BEI Yogyakarta Irfan Noor Riza mengatakan Waran Terstruktur atau Structured Warrant ini merupakan pilihan investasi yang aman dan terjamin bagi investor pasar modal dan memiliki banyak sekali manfaat untuk investor. Waran Terstruktur merupakan investasi efisien, dapat dimanfaatkan segala kondisi market dan investasi yang aman karena dijamin KPEI.

"Kriteria sahamnya merupakan saham konstituen indeks IDX30 yang memiliki pemegang saham pengendali dan memenuhi kriteria tetap tercatat di Bursa.Investor dapat memanfaatkan pergerakan harga underlying saham Waran Terstruktur dan memperoleh keuntungan baik market sedang bullish maupun sedang bearish," ungkapnya.

BEI berkomitmen terus melakukan edukasi terkait produk waran terstruktur kepada masyarakat, khususnya investor ritel di seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut tentang waran terstruktur dapat menghubungi IDX Contact Center dan mengunjungi website BEI www.idx.co.id Produk Waran Terstruktur. (Ira)

Credits

Bagikan