Akar Digital Lazada Indonesia Sentuh UMKM Desa

user
Danar W 22 September 2022, 06:55 WIB
untitled

Krjogja.com - SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi & UKM Jawa Tengah, Hetero Space, dan Lapak Ganjar berkolaborasi dengan Lazada Indonesia (Lazada) menggelar Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia untuk Jawa Tengah.

Gerakan AKAR Digital Indonesia yang digagas Lazada merupakan program edukasi dan pendampingan dengan metode “Getok Tular” yang akan membantu onboarding teman-teman UMKM Desa masuk ke marketplace yang akan didampingi oleh Sarjana Muda Penggerak Desa dari program PKKP.

Direktur Eksekutif Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan, sejalan dengan misi Lazada untuk mempercepat kemajuan di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi, sejak lama Lazada berkomitmen untuk memberdayakan para pelaku UMKM di Indonesia yang merupakan pilar penggerak perekonomian nasional.

"Kami senang bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi & UKM Jawa Tengah, Hetero Space, dan Lapak Ganjar, dan berharap Gerakan AKAR Digital Indonesia untuk Jawa Tengah ini bisa mendorong para pelaku UMKM Jawa Tengah mencapai sukses di dunia digital dan dan mampu berkontribusi secara signifikan bagi ekonomi digital di Indonesia," kata Ferry, Selasa (20/9/2022) di Desa Wisata Kandri Gunungpati Semarang.

Gerakan AKAR Digital Indonesia menggaet 50 Sarjana Muda PKKP yang akan mendampingi 100 teman-teman UMKM Desa. Program ini akan memberikan pelatihan seputar bagaimana cara berkembang di marketplace mulai dari kesiapan berbisnis, branding, copy writing, foto produk, manajemen hubungan pelanggan hingga tips dan trik berjualan melalui Lazada melalui bootcamp yang dilaksanakan selama dua hari. Berlokasi di Desa Wisata Kandri Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang Jawa Tengah.

Sementara Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP ikut hadir menyapa para pelaku UMKM.

“Kami sangat memgapresiasi kegiatan ini. Faktanya para pelaku UMKM masih perlu support dan bimbingan, Program Gerakan AKAR Digital Indonesia Lazada untuk UMKM DESA ini didesain tidak hanya sebagai program pelatihan sekali jalan, tapi menjadi program yang berkelanjutan dan memiliki manfaat yang luas bagi UMKM Desa dari seluruh Jawa Tengah,” ungkap Ganjar Pranowo dalam sambutannya.

Gerakan Akar Digital Indonesia Lazada ini berlangsung selama 2 hari hingga Rabu (21/9/2022) di Desa Wisata Kandri Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang Jawa Tengah. Program ini bertujuan memberikan pembekalan kepada para peserta Gerakan Akar Digital Indonesia Lazada dengan materi seputar persiapan dan strategi untuk berkembang berjualan di platform e-commerce. Peserta dari program bootcamp ini adalah 100 UMKM dari desa-desa di Jawa Tengah dan 50 orang terpepilih dari Peserta PKKPP 2022.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya diantaranya Roy Wibisono selaku CEO Naruna Ceramic, Tri Buana Desy selaku CEO Kraosan Indonesia, Sure Picture selaku Creative Production House, Lazada Indonesia dan Seller-Seller sukses dari Lazada Indonesia.

“Para UMKM harus tetap di dampingi dan dibimbing bagaimana bisa memiliki product knowledge yang baik. Salah satunya adalah hetero space yang dilakukan secara berkelanjutan dengan gaya yang kekinian.” Ungkap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat ditemui wartawan.

“UMKM adalah penggerak bagi perekonomian Indonesia. Tidak hanya itu, UMKM harus dibina menuju digitalisasi dan mampu mencapai target ekonomi digital Indonesia di tahun 2024 sesuai arahan dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.” ungkap Direktur Executive Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo. (Cha)

Credits

Bagikan