Olah Limbah Biomassa Jadi Bahan Bakar Kompor Gas

user
Primaswolo Sudjono 26 September 2022, 12:16 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Limbah biomassa bisa diolah menjadi gas yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan bakar, yang dikemas dalam tabung gas 3 kilogram maupun 12 kg. Konversi sumber energi ini tentu saja dapat membantu masyarakat menghemat kebutuhan bahan bakar kompor gas.

Seperti yang dilakukan Tim Riset Keilmuan IST AKPRIND Yogyakarta. Tim yang terdiri para dosen didukung mahasiswa ini berhasil mengkonversi limbah biomassa menjadi compressed producer gas (CPG) 3 kg dan 12 kg, melalui Program Riset Mandiri Dosen 2021. Program Riset Keilmuan Tahun 2021 ini dibiayai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kemendikbudristek.

Riset keilmuan ini dilakukan oleh Tim Dosen IST AKPRIND yang terdiri Dr AA Putu Susastriawan ST MTech IPM, Ani Purwanti ST MEng, Dr Dra Suparni S Rahayu MSi dan Tim Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang terdiri mahasiswa Jurusan Teknik Mesin (Tobi Satya Irawan, Vanio Argus Putra Rajendra, Fauzi Eko Triswanto, Syahid Sidiq), mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (Mutiara Nursavira), dan mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan (Abel Malvin Putra Hia).

Menurut Susastriawan, Minggu (25/9), riset diawali desain dan fabrikasi sistem gasifier dan komponen kompresi di PT Purosani yang merupakan mitra dari riset ini. Sedangkan pengujian dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin IST AKPRIND.

"Producer gas hasil gasifikasi sekam padi dilakukan proses reduksi tar dengan spray scubber terlebih dahulu sebelum diisikan ke dalam tabung 3 kg dan 12 kg dengan tekanan kompresi 6 bar untuk menghasilkan CPG. Dari hasil uji nyala, CPG berhasil digunakan sebagai bahan bakar kompor gas," jelas Susastriawan.

Suparni Setyowati Rahayu menambahkan, selain berhasil menghasilkan CPG, melalui riset ini diharapkan dapat meningkatkan dan mendorong percepatan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan riset di Perguruan Tinggi serta dapat menggabungkan kegiatan riset dengan Program MBKM. (San)

Kredit

Bagikan