Bank Mandiri Konservasi Lahan 500 Hektar

user
Tomi Sujatmiko 29 November 2022, 19:44 WIB
untitled

Krjogja.com - DEMAK - Sebagai wujud konsistensi dan dukungan menjaga kelestarian lingkungan hidup, Bank Mandiri terus mendorong pendekatan ekonomi hijau untuk menangkap potensi perkembangan bisnis ke depan. Hal ini sejalan dengan tren kebijakan ekonomi berkelanjutan secara global, termasuk Indonesia yang memiliki hutan basah tropis terbesar di dunia.

Salah satu bentuk komitmen Indonesia yakni COP27 di Sharm el-Sheikh di Mesir, Indonesia menaikkan komitmen adaptasi perubahan iklim melalui Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC) untuk mengurangi emisi sebesar 31.89% tanpa syarat, dan sebesar 43.2% dengan dukungan internasional pada 2030.

Selaras dengan peningkatan komitmen tersebut, Bank Mandiri bertepatan pada Hari Menanam Pohon Indonesia mulai melaksanakan kegiatan konservasi lahan yang memanfaatkan konsep Nature-Based Solution (NBS) serta didukung pendekatan kolaborasi Pentahelix dengan melibatkan pemangku kepentingan setempat.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan pihaknya melaksanakan konservasi awal berkonsep NBS ini di Desa Bedono, Sayung Demak serta tiga titik lokasi lain yang kedepannya akan diperluas secara bertahap ke berbagai titik hingga mencapai 500 Ha. Program yang dilaksanakan selaras dengan sustainability commitment perseroan.

Revitalisasi berkelanjutan diperkenalkan dengan metode inovatif dan praktik terbaik dimana Bank Mandiri melibatkan kolaborasi pentahelix.

"Bank Mandiri sekaligus mendorong pemberdayaan ekonomi kreatif warga sekitar termasuk menyediakan pembiayaan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi inklusif dan kemandirian masyarakat. Melalui program ini, kami akan mengembangkan desa ekowisata serta pertumbuhan ekonomi inklusif melalui penyaluran KUR. Langkah ini dibarengi upaya digitalisasi transaksi di daerah melalui pemasangan QRIS pada sejumlah warung di lokasi konservasi,” terang Rohan.di Demak, Jawa Tengah, Senin lalu (28/11).

Rohan menyampaikan dalam rangka pemberdayaan desa ekowisata, Bank Mandiri menginvestasikan spot foto yang Instagramable serta mendorong pemberdayaan ekonomi kreatif warga sekitar atas olahan Mangrove seperti keripik, kopi, dodol dan sirop. Masyarakat juga digandeng untuk mendapatkan pelatihan dan pembinaan digital marketing Rumah BUMN Bank Mandiri. Inisiatif Nature-Based Solution menuju 500 Ha ini merupakan inisiatif strategis mencapai Sustainability Target dan aksi nyata Mandirian Bernyali (Mandiri BERgerak NYAta untuk LIngkungan)

HALAMAN

Kredit

Bagikan