Dirut BRI Sunarso Raih Leadership Achievement Awards

user
Tomi Sujatmiko 20 Januari 2023, 15:18 WIB
untitled

Krjogja.com - Jakarta – The Asian Banker kembali menganugerahkan dua penghargaan sekaligus kepada BRI sebagai “The Asian Banker CEO Leadership Achievement for Indonesia Award” yang dinobatkan kepada Direktur Utama BRI Sunarso dan “Best Managed Bank in Indonesia” kepada BRI.

Penghargaan tersebut merupakan program Best CEO & Managed Bank Awards yang diselenggarakan setiap tiga tahun yang difokuskan pada kinerja CEO/chairman dan jajarannya di bidang industri jasa keuangan.

Inisiatif BRI di bawah kepemimpinan Sunarso menjadikan perseroan mampu melewati masa sulit akibat pandemi COVID-19 dengan kinerja cemerlang. Tidak hanya itu, BRI juga semakin fokus dengan core business di sektor UMKM serta berhasil menciptakan sumber pertumbuhan baru untuk tumbuh secara berkelanjutan.

Strategic response BRI yang tepat dalam mengoptimalisasi kinerja bisnis di tengah gejolak dinamika ekonomi global dan COVID-19 turut menjadi alasan The Asian Banker menobatkan BRI sebagai Best Managed Bank.

Hal tersebut tercermin dari kinerja BRI Group hingga September 2022 yang mencatatkan laba bersih sebesar Rp39,31 triliun atau melesat 106,14% Year on Year (YoY) dengan total aset meningkat 4,00% yoy menjadi Rp.1.684,60 triliun.

Dari aspek penyaluran kredit, hingga akhir September 2022, total kredit dan pembiayaan BRI Group tercatat sebesar Rp.1.111,48 triliun atau tumbuh 7,92% yoy. Secara khusus, portofolio kredit UMKM BRI tercatat meningkat sebesar 9,83% yoy dari Rp.852,12 triliun di akhir September 2021 menjadi Rp.935,86 triliun di akhir September 2022. Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus meningkat, menjadi sebesar 84,20%.

Sementara itu, Chairman The Asian Banker Future of Finance Summit Advisory Council Alain Chevalier mengungkapkan bahwa Sunarso selama periode penilaian telah memimpin BRI dengan komitmen yang kuat untuk menumbuhkembangkan UMKM.

“Dengan dipertajamnya visi menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia dan Champion of Financial Inclusion 2025, BRI telah menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk mendukung sektor UMKM yang telah memberikan kontribusi terhadap ketahanan perekonomian Indonesia. Proporsi pinjaman UMKM BRI pun terus meningkat secara konsisten,” tulis Alain.

Kredit

Bagikan