Menkeu Minta PT SMI Penuhi Ini Saat Menjadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Nasional

user
Tomi Sujatmiko 08 Maret 2023, 09:40 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Menurut Menteri Keuagan Sri Mulyani, PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) memiliki peran yang sangat strategis dalam memenuhi kebutuhan pembiayaan pembangunan, sehingga diharapkan transformasi PT SMI menjadi Development Financial Institution dapat menjadi ladang untuk menciptakan jejak peninggalan bagi pembangunan. Untuk menunjang proses transformasi tersebut salah satu inisiatif yang akan dibentuk oleh PT SMI pada ulang tahun ke-14 ini adalah peluncuran SMI Institute.

Terdapat tiga program utama yang akan menjadi fokus SMI Institute yaitu program research & fellowship, capacity building & training, serta knowledge sharing. “Kami menyusun tiga program utama untuk pemerintah daerah sebagai pelengkap pembiayaan pembangunan daerah yang inklusif dan berkelanjutan” ucap NEdwin Syahruzad selaku Direktur Utama PT SMI juga melakukan paparan kepada Menteri Keuangan mengenai capaian kinerja serta milestone yang berhasil dijalankan selama 14 tahun berdirinya PT SMI.

Momentum Presidensi G20 Indonesia 2022 juga menjadi ajang PT SMI dalam menunjukkan kapabilitasnya untuk mendukung pemerintah demi mengatasi tantangan global khususnya dampak perubahan iklim (climate change). Kepercayaan Pemerintah untuk menunjuk PT SMI sebagai Country Platform Manager untuk mengelola pembiayaan mekanisme transisi energi di Indonesia pada Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bali.

Hal merupakan bentuk apresiasi Kementerian Keuangan atas capaian platform SDG Indonesia One – sebuah platform blended finance untuk membiayai proyek-proyek adaptasi dan mitigasi perubahan iklim - yang telah dikelola oleh PT SMI sejak 2018. “PT SMI sejauh ini telah berhasil meningkatkan reputasi Indonesia di mata dunia, melalui perannya sebagai Energy Transition Mechanism Country Platform Manager.

Edwin menambahkan, dalam menyusun skema pembiayaan dan investasi transisi energi di Indonesia, aspek lingkungan dan sosial merupakan prioritas.PT SMI bersama dengan Asian Development Bank telah menyusun Strategic Environmental and Social Assessment, dimana akan dilakukan audit, identifikasi risiko, dan penyiapan rencana mitigasi risiko dari aspek lingkungan dan sosial sebagai dasar rekomendasi skenario transisi energi. “Ini dilakukan untuk mencapai tujuan transisi energi di Indonesia agar dapat dilakukan secara adil dan terjangkau” ujar Edwin.

Baru-baru ini, PT SMI sedang disiapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan untuk mendukung pelaksanaan penyiapan proyek Ibu Kota Negara. PT SMI akan berperan strategis dalam penyusunan inovasi pembiayaan penyediaan infrastruktur terhadap Otorita Ibu Kota Negara. Kepercayaan Pemerintah terhadap PT SMI merupakan afirmasi terhadap kinerja PT SMI dalam menjalankan berbagai mandat penyiapan proyek untuk 20 proyek infrastruktur dari berbagai variasi sektor antara lain Rumah Sakit, Pengelolaan Limbah B3, Pengelolaan Sampah, Akses Broadband, Transportasi, dan Sistem Penyediaan Air Minum.

Dalam menjalankan seluruh mandat dan kegiatan bisnisnya, integritas, akuntabilitas dan transparansi menjadi aspek yang selalu dijaga oleh PT SMI. Saat ini PT SMI telah tersertifikasi ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, serta terus memperketat pengawasan melalui kerjasama dengan penegak hukum yaitu Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) dan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (JAMDATUN), serta lembaga negara lainnya seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. (*)

Kredit

Bagikan