Tumbuh Mengesankan, Ekonomi DIY 2021 Tertinggi Se-Jawa

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Capaian perekonomian DIY sesuai proyeksi, mampu tumbuh mengesankan sepanjang 2021. Ekonomi DIY mencatatkan pertumbuhan 5,53 persen (yoy) berdasarkan data resmi Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, sejalan dengan proyeksi BI DIY dikisaran 5,4 sampai 6,2 persen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Budiharto Setyawan mengatakan dari hasil evaluasi, upaya pemulihan ekonomi DIY telah berada di jalur yang tepat saat ini. Capaian pertumbuhan ekonomi DIY ini menjadi provinsi dengan pertumbuhan tertinggi se-Jawa dan melampaui angka pertumbuhan nasional. Angka pertumbuhan ekonomi Jawa tercatat 3,66 persen (yoy), sementara pertumbuhan Nasional sebesar 3,69 persen (yoy).

” Secara umum sepanjang 2021, beberapa lapangan usaha yang terdampak pandemi telah mampu pulih. Beberapa lapangan usaha seperti jasa keuangan, jasa lainnya, maupun lapangan usaha listrik, air, dan gas menunjukkan akselerasi pemulihan serta mampu tumbuh melampaui level sebelum pandemi,” tutur Budiharto di Yogyakarta, Minggu (13/2/2022).

Budiharto menyampaikan adapun sektor jasa mengalami pemulihan lebih cepat sejalan dengan mobilitas manusia yang terus mengalami peningkatan. Berdasarkan google mobility index, tren mobilitas DIY pada akhir 2021 untuk tempat-tempat retail & rekreasi, serta taman masyarakat bernilai positif masing-masing +17% dan +39% dari baseline.

” Hal tersebut mengindikasikan aktivitas pergerakan manusia telah lebih tinggi dibanding sebelum pandemi. Dengan demikian turut mendorong konsumsi energi seperti listrik dan bahan bakar rumah tangga,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI