Tips Menghilangkan Jamur pada Jaket Kulit agar Kembali Baru

user
Tomi Sujatmiko 21 September 2022, 10:42 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA -Jaket kulit menjadi salah satu pelengkap fesyen yang sudah populer sejak dulu. Kepopuleran jaket kulit dimulai pada pertengahan tahun 1940-1950.

Kepopulerannya semakin meningkat ketika jaket kulit kerap dikenakan oleh para aktor pria di berbagai film Hollywood, seperti Gary Cooper dalam film "For Whom the Bell Tolls" (1943), Jimmy Stewart dalam film "Night Passage" (1957), hingga Harrison Ford dalam serial film Indiana Jones. Kini, jaket kulit tak hanya dipakai oleh pria saja, melainkan juga menjadi salah satu fesyen ikon wanita.

Memadukan jaket kulit dengan berbagai busana lain, dapat memberikan tampilan yang sedikit formal, kasual, maupun boyish (tomboy). Namun, jaket kulit tak bisa dirawat sembarangan.

Jika tak dirawat dengan benar, jaket kulit bisa berjamur dan kehilangan kualitasnya. Jika kamu memiliki jaket kulit yang sudah berjamur, berikut beberapa cara menghilangkan jamur pada jaket kulit yang bisa kamu coba:

1. Campuran air dan alkohol

Cara pertama menghilangkan jamur pada jaket kulit adalah dengan menggunakan air dan alkohol. Campurkan air dan alkohol ke dalam wadah, lalu aduk.

Selanjutnya, celupkan kain kering ke dalam campuran tersebut, lalu peras. Setelah memastikan kain menjadi lembab, gosokkan kain tersebut ke area jaket kulit yang berjamur dengan lembut.

Ulangi cara ini beberapa kali hingga jamur hilang. Selanjutnya, lap jaket dengan kain kering dan ulangi hal ini sesering mungkin agar jaket terhindar dari jamur.

2. Gosok dengan sabun

Jika cara pertama tidak dapat membersihkan jamur pada jaket kulit secara menyeluruh, kamu bisa menggunakan cara kedua ini. Gunakan sabun khusus kulit agar tidak merusak kualitas jaket.

Hal ini bisa menjadi salah satu cara merawat jaket kulit yang terkena jamur dengan ampuh. Kamu juga bisa mencampurkan deterjen dengan air hangat untuk mengangkat jamur yang menempel pada jaket.

3. Oleskan pelembap

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembab khusus untuk jaket kulit. Oleskan pelembap dengan menggunakan selembar kain kering, lalu gosokkan ke permukaan yang berjamur.

Selain menghilangkan jamur, cara ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kelembapan jaket. Dengan cara ini, akan membuat jaket lebih lemas, lentur, dan nyaman ketika dikenakan.

4. Gantung jaket di area berangin atau berventilasi

Selain membersihkan dengan cara yang benar, kamu juga harus tahu cara menyimpan jaket kulit yang benar agak terhindar dari jamur. Pastikan untuk menyimpan jaket di area yang terkena angin atau memiliki ventilasi udara yang baik.

Kamu juga bisa sesekali menggantung jaket di luar untuk perawatan yang maksimal. Namun, pastikan untuk menjauhkan jaket dari sinar matahari langsung agar tetap awet dan tidak mengelupas. (*)

Kredit

Bagikan