Masyarakat Diimbau Pakai Masker saat di Kendaraan Umum

PRESIDEN INDONESIA Joko Widodo (Jokowi) telah mengkonfirmasi ada dua orang yang positif terkena virus corona di Indonesia.

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan menggunakan masker untuk beraktifitas di luar ruangan, terutama saat naik transportasi umum.

“Saya mengimbau masyarakat sekarang di tempat-tempat umum, terutama transportasi umum, sekarang kita gunakan masker saja,” ujarnya usai Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2020).

Kendati demikian, belum ada kebijakan mengenai pembatasan transportasi umum. Melihat respon dari beberapa negara yang sudah terjangkit virus corona, Budi Setiyadi menekankan agar masyarakat memakai masker sebagai langkah antisipasi awal.

“Saya lihat di beberapa negara masyarakat sudah mulai menggunakan masker (di transportasi umum) daripada terpapar semakin banyak,” jelasnya.

Lebih jauh, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk membahas kebijakan terkait penekanan penularan virus corona. Ia juga menambahkan agar di tempat-tempat lain juga diberlakukan deteksi corona seperti yang sudah dilakukan di bandara.

“Saya nanti akan koordinasi dengan kementerian kesehatan terutama dinas kesehatan setempat, tempat-tempat terminal, penyeberangan, saya minta perlakuan yang sama seperti di bandara,” tandasnya.(*)

BERITA TERKAIT