Bunga Kertas Bikin Melempem Serangan Bisul

Editor: Agus Sigit

SEBAGIAN jenis tanaman cocok dijadikan sebagai tanaman hias sebab mempunyai tampilan menawan, misalnya dari segi daun serta bunganya. Tak sedikit jenis tanaman hias layak pula dijadikan sebagai tanaman obat, sebab bagian tanaman ini diyakini memiliki khasiat kesehatan serta sudah ada kesaksian yang cocok memanfaatkannya.

Salah satu contohnya, yakni bunga kertas ada pula yang menyebut zinnia. Tanaman ini ketika ditanam bergerombol dan saat berbunga serempak kian indah dipandang, apalagi jika dalam satu gerombol dibuat kombinasi jenis warna bunga kertas yang berbeda, misalnya kuning, putih, pink dan merah.

Seperti dikutip dari harianmerapi.com, adapun manfaat kesehatan bunga kertas, antara lain bisa membantu menggempur serangan bisul. Resep yang bisa diterapkan, yakni diawali dengan mencuci bersih bunga kertas menggunakan air mengalir. Bisa juga bahan ini dipadu dengan daun cocor bebek secukupnya yang juga sudah dicuci. Selanjutnya kedua bahan ditumbuk sampai halus dan hasilnya ditempelkan pada bisul. Sehari dapat diganti dua hari, semoga segera bisa sembuh dari serangan bisul.

Lain halnya untuk membantu melawan sakit atau nyeri waktu haid, yakni dapat menggunakan bunga kertas dipadu dengan bunga mawar dan daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Semua bahan direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Selanjutnya disaring dan air hasil rebusannya diminum dua kali sehari, masing-masing cukup setengah gelas.

Bahkan bunga kertas juga dapat menjadi musuh keputihan serta nyeri haid. Resepnya, yaitu 15 gram bunga kertas dicuci sampai bersih lalu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Selanjutnya disaring dan air rebusannya lalu minum sekaligus, satu gelas sehari. Adapun sebagai musuh gatal-gatal, antara lain bisa memanfaatkan bunga kertas yang dikombinasi dengan daun sirih serta daun lidah buaya. Semua dicuci bersih dan lidah buaya dikupas bagian kulitnya. Lalu direbus ketiga bahan diatas sampai mengental. Setelah mengental ditunggu hingga dingin, hasilnya rutin dioleskan pada kulit yang gatal. Ada pula yang meyakini dapat berperan membantu melawan serangan hepatitis, yakni dengan menggunakan batang bunga kertas yang telah dicuci direbus dan air dari rebusannya dapat diminum satu gelas sehari.

Menyinggung soal nama tanaman ini, sejumlah sumber menyebutkan bagian kelopak bunga kertas mempunyai ciri tipis dan bunganya jika disentuh mirip sekali seperti menyantuh kertas. Budidaya tanaman ini bisa di tanah langsung sampai menggunakan pot – pot. Untuk perbanyakan tanaman, bisa dengan menyemai biji-biji sudah tua dan menempel pada bunga kertas. (Yan)

BERITA TERKAIT