Nakal Karena Punya 2 Unyeng-Unyeng, Benarkah?

Editor: Agus Sigit

Banyak anggapan di masyarakat mengatakan, anak memiliki unyeng-unyeng dua berarti nakal. Persepsi ini masih terus dipercaya sampai sekarang dan akibatnya mereka yang punya unyeng-unyeng dua dianggap anak nakal.

Padahal, menurut Dokter Spesialis Anak RS Awal Bros Tangerang dr. Robert Soetandio, SpA, MSi, Med, jumlah unyeng-unyeng tidak berkolerasi pada perilaku anak.

Sebelumnya, dr Robert coba menjelaskan dari mana datangnya unyeng-unyeng ini. Menurutnya, unyeng-unyeng atau hair whorls secara umum hanya ada satu di kepala.

Menurut penelitian genetis yang dilakukan Wunderlich dan Hereema pada 1975, hanya sekitar 1,5 persen populasi yang memiliki dua atau lebih unyeng-unyeng. Beberapa penelitian lain menemukan angka lebih besar, tapi tak lebih dari 6 persen.

Jumlah unyeng-unyeng ternyata ditentukan oleh genetik. Artinya, jika si kecil punya dua unyeng-unyeng, sifat itu ia dapatkan dari ayah, ibu, atau kakek-neneknya. Genetik ternyata juga berperan dalam menentukan arah pertumbuhan rambut di sekitar unyeng-unyeng, yakni sesuai arah jarum jam atau berlawanan.

Unyeng-unyeng sesuai arah jam lebih umum, yakni dimiliki 94 persen bayi baru lahir pada 1975, sesuai penelitian Wunderlich dan Hereema. Penelitian lain menyebutkan populasi yang memiliki unyeng-unyeng berlawanan dengan arah jarum jam tak lebih dari 10 persen.

BERITA TERKAIT