5 Bahan Diskusi Keluarga Usai Menonton NUSSA

Editor: Ary B Prass

 

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menghabiskan waktu libur akhir tahun di rumah saja tidak akan membosankan, karena ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga. Salah satunya adalah nonton film NUSSA bersama di Bioskop Online mulai Sabtu (25/12/2021).

Nussa merupakan film Animasi Panjang Terbaik Festival Film Indonesia, menggambarkan begitu banyak persoalan serta pesan yang bermakna bagi penontonnya. Usai nonton NUSSA, para orang tua bisa gunakan kesempatan berdiskusi untuk membangun kelekatan dengan anak di rumah.

Berikut 5 bahan diskusi yang bisa dijadikan inspirasi saat Anda memulai diskusi usai menonton film Nussa:

1. Mengadopsi Semangat NUSSA

Dihadapkan dengan berbagai konflik, semangat Nussa tidak kalah dan tumbuh menjadi anak yang pantang menyerah. Semangat ini, dapat menjadi bahan diskusi dengan anak. Mengenai bagaimana cara berpikir untuk menyelesaikan masalah. Sehingga nantinya anak dapat menjadi pribadi yang mandiri dan dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

2. Bermimpi Setinggi Langit

Jangan takut untuk bermimpi tinggi. Itulah yang selalu Umma (Ibu Nussa) ingatkan kepada anak-anaknya. Umma dan Abba selalu berupaya mengajari anak – anak untuk bersemangat dan mengembangkan rasa ingin tahu mereka, serta menggerakkan kreativitas mereka  dan membangun mimpi yang mereka citakan. Inilah kesempatan ibu dan ayah untuk berdiskusi secara mendalam dan membantu mewujudkan mimpi besar anak-anak mereka.

3. Belajar Mengalah

Mengalah bukan berarti kalah. Ada kalanya anak ingin selalu mendapatkan apa yang ia mau. Jika hal tersebut dibiarkan, anak tidak akan belajar mengendalikan keinginannya pada situasi sosial tertentu. Untuk itulah, orang tua dan juga anak bisa belajar bersama untuk memahami betul situasi yang tepat untuk menerapkan sikap mengalah. Dalam film, Nussa digambarkan seperti anak kecil pada seusianya, terkadang dia mudah marah, dan merasa hebat dengan diri sendiri. Namun, Nussa pun belajar mengendalikan emosinya dalam menghadapi perlombaan yang ia ikuti. Kalah ataupun menang bukanlah persoalan yang harus dipusingkan. Bagi Nussa, yang terpenting dalam mengikuti lomba adalah merekatkan kebersamaan dan kesetiakawanan.

4. Sains itu Menyenangkan

Membuat anak menyukai sains menjadi tantangan bagi orangtua. Namun, orang tua harus kreatif untuk membuatnya terasa menyenangkan saat belajar. Nussa bisa menjadi sosok yang bisa orang tua contohkan kepada anak-anak mereka. Dengan menekuni sains, Nussa berhasil melakukan berbagai inovasi menyenangkan seperti menciptakan mainan roket yang canggih.

5. Keluarga Nomor Satu

Persoalan yang dikemas dalam film NUSSA tidak hanya sebatas masalah yang terjadi pada anak-anak saja. Dilematik yang dirasakan orang tua dalam memilih prioritas antara kerjaan dan keluarga pun turut terkisah. Jonni, rival sekaligus sahabat Nussa diceritakan menjadi anak yang murung karena tidak mendapat perhatian dari orang tuanya yang sibuk bekerja. Apresiasi atas pencapaian yang ia raih pun tidak dirasakan. Kisah Jonni menjadi teguran keras bagi para orang tua. Sesibuk apapun bekerja, keluarga adalah prioritas utama.

 

Setelah rilis di bioskop kemarin, kini film NUSSA bisa disaksikan kembali di platform streaming Bioskop Online mulai 25 Desember 2021. Tiket pre-order-nya sudah dapat dipesan hingga 24 Desember 2021. Dengan membeli tiket seharga Rp 40.000, penonton dapat menyaksikan film NUSSA bersama satu keluarga di rumah melalui platform Bioskop Online dan berlaku untuk 48 jam penayangan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai film NUSSA di Bioskop Online, teman-teman dapat mengikuti media sosial @filmnussa dan @bioskoponlineid. Selamat menyambut kedatangan NUSSA dan teman-temannya di rumah, ya. (*)

BERITA REKOMENDASI