5 Film Ini Diperbincangkan Netizen

JAKARTA (KRjogja.com) – Festival Film Indonesia yang akan digelar pada 6 November mendatang ini merupakan salah satu ajang penghargaan yang paling ditunggu oleh insan perfilman Indonesia.  Acara yang telah memasuki tahun ke-36 penyelenggaraan tersebut telah menghasilkan nominasi-nominasi film terbaik, yaitu Rudy Habibie, Athirah, Aisyah Biarkan Kami Bersaudara, Salawaku dan Surat Dari Praha.  

Pemenang dari nominasi-nominasi ini akan diumumkan di Taman Ismail Marzuki dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta. Jelang terselenggaranya malam puncak FFI 2016, perusahaan media intellijen global asal Australia, Isentia telah melakukan proses pemantauan pembicaraan netizen mengenai lima film terbaik yang dinominasikan oleh dewan juri FFI 2016 tersebut. Proses monitoring ini lalu dipetakan berdasarkan jumlah pembicaraan dan tonalitasnya.

“Kita memang belum mengetahui kira-kira film apa yang akan memenangkan ajang bergengsi ini. Namun dari pemantauan kami, Salawaku ternyata menjadi film yang paling banyak dibicarakan oleh warga media sosial selama periode 29 Oktober hingga 4 November,” tutur Country Manager Isentia Jakarta Luciana Budiman.

Semua film yang masuk nominasi, tambah Luciana, memiliki tonalitas netral cenderung positif. Komposisi antara netral dan positif pun cenderung berimbang. "Kalau kita perhatikan dari grafik yang diambil, di situ bisa dilihat rata-rata pembicaraan netizen tentang film-film ini nyaris tidak ada yang negatif. Topik pembicaraannya hampir semuanya tentang rekomendasi untuk menonton.”

Berdasarkan data yang dihimpun Isentia sejak 29 Oktober hingga 4 November, pembicaraan mengenai Salawaku mencapai 72,1%, diikuti oleh Rudy Habibie 16,48%, Athirah 4,55% dan Surat dari Praha serta Aisyah, Biarkan Kami Bicara masing-masing sebesar 3,41%. Data yang dianalisis selama tujuh hari menjelang penyelenggaraan FFI itu menunjukkan bahwa Twitter merupakan sumber pembicaraan terbesar percakapan tentang tema ini.  Adapun saluran-saluran media yang paling banyak memberikan kontribusi pemberitaan tentang festival tersebut adalah portal kantor berita Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI