88 Film dari 22 Negara Bakal Tayang di Festival Film Dokumenter 2019

MENGINJAK usianya yang ke-18 Festival Film Dokumenter (FFD) tetap konsisten menyuguhkan film-film yang berkualitas dan menjadi wahana bertemunya film-film dokumenter dari seluruh penjuru Indonesia maupun mancanegara.

Karakteristik FFD setiap tahunnya selalu mengangkat tema tertentu, mulai dari kebudayaan hingga isu-isu yang berkembang di masyarakat. Namun semenjak dua tahun terakhir, FFD sengaja tidak membuat tema tertentu agar menjadi keleluasaan tersendiri.

Direktur Festival Film Documenter 2019 Hendrikus Pria mengungkapkan setiap tahunnya FFD selalu mengalami peningkatan, baik dari segi penonton maupun jumlah film yang diproduksi. “Semenjak saya bergabung di FFD tahun 2011, dari jumlah film kompetisi Indonesia yang masuk tidak pernah mengalami penurunan, tapi cenderung naik. Terlebih ekosistem film sekarang yang semakin ramai,” ungkapnya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, FFD tahun ini juga menghadirkan berbagai macam program, diantaranya program pemutaran film, kompetisi film, diskusi, dan edukasi yang menjadi tempat interaksi antara pegiat film, akademisi, seniman lintas bidang, programmer, distributor hingga pelajar sekolah.

Program kompetisi merupakan salah satu program utama dalam perhelatan FFD setiap tahunnya. Tahun ini FFD menerima total 286 film pendaftar, yang kemudian diseleksi menjadi 26 film dokumenter. Film – film tersebut dibagi sesuai kategorinya yaitu kategori film dokumenter panjang Indonesia, Kategori film dokumenter panjang Internasional, Kategori film dokumenter pendek, dan kategori film dokumenter panjang.

Tahun ini pula FFD merilis program terbarunya yaitu program pemutaran film dengan Virtual Reality, mengangkat isu disabilitas dan program dokumenter animasi.

Program acara FFD 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 1- 7 Desembeer 2019, bertempat di Taman Budaya Yogyakarta, IFI – LIP Yogyakarta dan Kedai Kebun Forum. Malam penghargaan kompetisi film akan dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2019 bersamaan dengan penutupan festival. (KN)

 

BERITA REKOMENDASI