Alasan Ashanti Adakan Tradisi 7 Bulanan

JAKARTA (KRjogja.com)  – Menjelang kelahiran anak kedua, Anang Hermansyah dan Ashanty nampak menggelar acara mitoni, atau tujuh bulanan kehamilan Ashanty. Acara tersebut merupakan salah satu tradisi dari masyarakat Jawa agar embrio dalam kandungan dan ibu yang mengandung senantiasa memperoleh keselamatan.

Sebagai orang Jawa, Ashanty merasa bahwa acara mitoni atau tujuh bulanan tersebut, harus terus dilestarikan. Sebagai seorang suami, Anang pun menginginkan agar ketiga anaknya, Aurel, Azriel, dan Arsy, dapat terus menerus mengingat kebudayaan-kebudayaan dari tanah Jawa.

"Ya kan kita asli orang Jawa. Jadi bagi aku, doanya, ritual-ritual yang kayak disiram sama orangtua, didoain keluarga, teman-teman, itu satu hal yang bikin aku merasa, aduh banyak yang doain nih yang dukung, banyak yang ikut happy. Jadi suatu hal yang baik, dan sekaligus melestarikan budaya Jawa juga," ungkap Ashanty.

"Buat aku ini enggak boleh hilang. Mas Anang maunya yang ada adat-adatnya. Karena mengingatkan anak-anak nanti juga untuk melestarikan adat sebagai orang Jawa," tambahnya.

Meski mengusung tema adat Jawa, tetapi Ashanty tetap menginginkan agar dekorasinya dibuat semodern mungkin. Ia pun mengaku menerapkan tema winter pada dekorasi acara tujuh bulanannya tersebut.

"Aku bilang dekornya bunga, akhirnya dikasih tema winter. Aku enggak tahu heboh banget pas keluar ada kereta kencana, ada bunga-bunga putih kayak mau nikahan. Dibikin lebih bagus, lebih beda, jadi happy," tandasnya. (*)   

BERITA REKOMENDASI