Anak Tengah dengan Segala Keunikannya dalam Film NKCTHI

ANAK TENGAH dengan segala keunikannya digambarkan memiliki konflik yang kompleks di dalam film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Film tersebut akan tayang serentak di bioskop pada tanggal 2 Januari 2020 mendatang. Aurora dewasa yang diperankan oleh Sheila Dara Aisyah digambarkan sebagai sosok yang memiliki ambisi menjadi atlit renang sejak kecil. Sayangnya ambisi itu harus dikubur dalam-dalam karena sebuah hal. Berbagai macam hal tidak mengenakkan yang akhirnya memupuk luka batin turut mewarnai proses hidup Aurora.

“Untuk Aurora sendiri biasanya dalam sebuah keluarga dengan 3 anak, umumnya (orang tua) perhatian ke anak bungsu, memberikan tanggung jawab ke anak sulung. Akhirnya (anak tengah) yang suka ketinggalan (peran dan perhatian) memutuskan untuk membuat dunianya sendiri. Kira-kira begitulah Aurora,” kata Sheila Dara kepada KRJOGJA.com (23/12/2019). 

Sheila mengaku bahwa karakter Aurora yang ia perankan sangat berbeda dengan dirinya di dunia yang sesungguhnya. Kalau persamaannya, mereka sama-sama bisa membuat dunia sendiri di keramaian. Namun diakui Sheila, kesulitan yang kemudian ia rasakan sebagai tantangan di dalam film ini adalah bagaimana mengkomunikasikan apa yang Aurora rasakan lewat gesture tubuh dan ekspresi wajah. Dapat dikatakan bahwa karakter Aurora tidak memiliki banyak dialog, namun mampu menyampaikan perasaan dengan sangat kuat di dalam film NKCTHI. 

“Awalnya memang terasa sulit, namun berkat bimbingan mas Angga Dwimas Sasongko (Sutradara NKCTHI), semua terasa mudah dan aku sangat terbantu sekali,” terangnya.

Proses Casting Menjadi Aurora

Dalam proses casting, sang sutradara mengatakan bahwa tidak ada mekanisme terbuka. Sebab ia sudah memiliki bayangan yang matang tentang siapa saja yang menurutnya cocok untuk memainkan peran. Hal itu pula yang terjadi untuk tokoh Aurora. Proses screen text pun diakui oleh Sheila terasa sangat unik. Semua terasa tanpa kesengajaan dan tanpa keformalan di dalamnya.

“Waktu itu ada program Visinema mendatangkan screen writer dari luar. Aku disuruh datang sama mas Angga. Nggak sengaja ketemu Rachel Amanda waktu break, kemudian kita ngobrol. Tapi mas Angga bilang ngobrolnya di Sofa aja. Di situ kita ngobrol bareng Rio Dewanto juga, kemudian mas Angga baru bilang kalau itu adalah prosesi screen text dari project baru NKCTHI,” jelasnya.

Memainkan peran Aurora dengan segala keunikannya membuat Sheila banyak belajar tentang bagaimana melepaskan dan menerima hal-hal yang diluar kehendak manusia. (Ratna Novita Sari)

BERITA REKOMENDASI