Bintang Pantura Kembali Hadir di Indosiar

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Setelah sempat vakum empat tahun, kini Bintang Pantura hadir kembali di Indosiar. Seperti Bintang Pantura sebelumnya, ajang pencarian bakat menyanyi ini akan mempertemukan 40 talenta dangdut dari berbagai daerah di tanah air untuk nantinya mencari seorang juara.

Juri Audisi Bintang Pantura, Ekin Gabriel menjelaskan tahun ini merupakan musim ke-6 digelarnya kontes pencarian bakat tersebut. Sebelumnya sejak tahun 2015 – 2017 Bintang Pantura telah sukses menggelar musim 1 – 5.

“Setelah sempat beristirahat, Bintang Pantura sekarang hadir kembali. Konsepnya masih sama yakni mencari bakat-bakat terbaik di seluruh tanah air,” kata Ekin Gabriel dalam wawancara khusus yang digelar secara virtual, Kamis (20/06/2021).

Beda dengan ajang pencarian bakat lainnya, Bintang Pantura lebih kepada genre musik dangdut dengan mencampurkan beberapa seni daerah. Sebut saja campur sari, koplo yang nantinya dikolaborasikan dengan dangdut, remik atau bahkan hingga rock.

Saat ini Bintang Pantura tengah memasuki tahap audisi di berbagai daerah yang telah mulai sejak bulan April hingga akhir Mei mendatang. Setelah mengumpulkan peserta hasil dari audisi, baru nantinya akan dipilih 40 perwakilan terbaik yang akan masuk babak live di Jakarta.

Dari 40 peserta ini akan dipilih oleh lima mentor untuk kemudian dididik dalam hal vocal menyanyi dangdut dan selanjutnya mereka akan ditarungkan. Dari pertarungan tersebut nantinya ada yang tereliminasi hingga akhirnya menyisakan 1 penyanyi terbaik sebagai juara.

“Berhubung masih dalam masa pamdemi maka audisi dilaksanakan secara virtual. Dengan audisi seperti ini peserta yang berpartisipasi akan lebih banyak dan menjangkau wilayah di tanah air lebih luas lagi,” terangnya.

Ekin Gabriel mengungkapkan, bertindak sebagai mentor nantinya para selebriti dangdut tanah air seperti Nassar, Via Valen, Dewi Perrsik, Jenita Janet dan Zaskia Gotik. Sedangkan Soimah dalam Bintang Pantura akan diplot sebagai juragan alias pemilik acara.

Salah satu peserta audisi Bintang Pantura dari Bandung, Salsadhira mengaku tertantang ingin menaklukkan ajang ini. Sebelumnya ia sempat menjajal audisi Pop Academy namun harus rontok di tahap-tahap awal.

“Dulu pernah coba Pop Academy, tapi sekarang tertantang ingin coba dangdut. Aslinya Salsa penyanyi pop namun sekarang fokus menyanyi dangdut,” kata gadis cantik 18 tahun tersebut.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung ini menjelaskan ikut audisi Bintang Pantura untuk menambah pengalaman dan mengembangkan bakat yang selama ini ia miliki. Ia juga mengatakan dalam kontes ini ingin membahagiakan keluarga khususnya orangtua serta membawa nama baik Bandung.

“Salsa ingin mengejar mimpi yang selama ini didambakan. Salsa juga ingin terkenal seperti para juara Bintang Pantura musim-musim sebelumnya sehingga membuat bangga keluarga,” katanya. (Van)

BERITA REKOMENDASI