Bioskop di Pakistan Larang Putar Film Bollywood

Editor: Ivan Aditya

PAKISTAN, KRJOGJA.com – Pemerintah Pakistan mengumumkan melarang penayangan semua film India, atau kerap dikenal dengan julukan Bollywood, di bioskop seluruh negeri. Penyebabnya adalah ketegangan antara kedua negara meningkat sejak pekan lalu terkait perebutan wilayah Kashmir.

"Tidak ada film India yang akan ditayangkan di bioskop manapun di Pakistan. Segala drama, film, dan konten-konten India secara menyeluruh akan dilarang di Pakistan," ujar penasihat Perdana Menteri Pakistan, Firdous Ashiq Awan.

Sejumlah film Bollywood yang dilarang di Pakistan, di antaranya 'Raazi,' 'Aiyyari,' dan 'Parmanu: The Story Of Pokhran' yang dianggap pemerintah setempat mengandung muatan politis. Sementara, film berjudul 'Mulk' juga ikut dilarang karena menggambarkan kaum Muslim di India.

Langkah ini diterapkan Pakistan setelah India memutuskan mencabut pasal 370 yang memberikan status khusus kepada kawasan Jammu dan Kashmir. Aturan itu sebelumnya membolehkan pemerintah daerah otonomi Kashmir membuat undang-undang terpisah, bendera, serta hak-hak khusus lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI