Demi Kesembuhan Gagal Ginjal, Ary Krisnawati Putus Kuliah

YOGYA, KRjogja.com – Semua darah serasa turun ke bawah, badannya serasa melayang saat dokter memvonisnya gagal ginjal 22 tahun silam. Saat itu Ary Krisnawati masih menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS di penghujung masa kuliahnya. 

Dia terpaksa berhenti kuliah demi fokus pada proses penyembuhannya. Pada tahun 1997  mendapat cangkok ginjal dari ayahnya, namun tahun 2008 membuatnya putus asa hingga sempat berfikir untuk menyerah saja. Rupaya cangkok ginjalnya mengalami gagal ginjal. Meskipun begitu, semangat hidupnya kembali saat sang kakak meninggal. 

Ia terpikirkan oleh orang tuanya yang akan sendirian jika ia menyerah atas hidupnya. Akhirnya ia pun berhasil survive sampai saat ini. Malah, ia menjadi inspirasi dan energi positif bagi sesama penderita, pendamping dan pemerhati melalui komunitas Hidup Ginjal Muda (HGM).

"Waktu itu saya ingin main facebook karena dengar ada komunitas HGM. Di sana saya menemukan tujuan hidup saya kembali," kenang Ary Krisnawati, Minggu (17/09/2017)

Di HGM ia berbagi dengan sesama penderita. Ia adalah anggota yang paling sering memberi solusi karena pengalamannya berkuliah di Fakultas Kedokteran UNS membuatnya sedikit banyak tahu tentang persoalan medis. Tak jarang ia menerima curhatan sesama penderita yang tergabung di HGM. Melalui sosial media maupun tatap muka secara langsung, ia selalu siap. Ada kalanya mereka pun merasa putus asa.

"Tengah malam pun saya siap. Sering pas tengah malam ada yang curhat perutnya sakit, curhat putus asa, saya semangati, saya tuntun obatnya apa. Kadang kalau lagi sakit juga meski udah tau obatnya apa, tapi blank karena saking sakitnya," jelas Ary saat ditemui krjogja.com seusai menjadi narasumber dalam talkshow film dokumenter HOPE

Ia menegaskan bahwa ia takkan membiarkan mereka merasa sendiri. Ia merasakan betul bagaimana cepatnya mereka bangkit ketika dikelilingi kebersamaan. "Ya, saya mersakan betul efeknya. Mereka lebih cepat move on daripada saya dulu. Saya dulu kan sendirian," katanya. (MG – 07)

BERITA REKOMENDASI