Desainer Bai Populo Buka Rumah Makan Ohmm Taste

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Desainer kondang Bai Soemarlono atau yang akrab disapa Bai Populo melebarkan sayap dengan membuka rumah makan etnik di kawasan Tirtomartani Kalasan Sleman. Dengan view Candi Sari, rumah makan diberi nama Ohmm Taste ini menyuguhkan berbagai menu tradisional khas Jawa yang akan membawa pengunjungnya kembali ke masa lampau.

Ditemui saat malam peluncuran Ohmm Taste, Bai mengungkapkan sebenarnya telah lama ingin kembali ke rumah orangtuanya itu untuk mendirikan restoran tradisonal. Namun dengan berbagai kesibukannya di dunia desainer, perancang busana kelas internasional ini baru bisa mewajudkan mimpinya saat ini.

“Tempat ini merupakan rumah keluarga, dimana ibu saya saat ini juga tinggal di sini. Saya ingin kembali dan dekat dengan ibu, salah satunya mendirikan rumah makan di tempat ini agar selalu mengingat akan keluarga,” kata pria yang lama menghabiskan hidupnya di Jerman tersebut, Sabtu (27/07/2020) malam.

Sengaja menu-menu tradisonal Jawa ia pilih dalam konsep makanan yang disajikan di Ohmm Taste. Sebagai bagian dari Trah Hamengkubuwono (HB) II, Bai Populo secara tidak langsung ingin melestarikan budaya Jawa salah satunya dengan mengangkat sisi kulinernya.

Berbagai menu Jawa disajikan, mulai dari nasi rawon, ‘sego gurih’, hingga nasi liwet ada di tempat ini. Untuk camilan tak ketinggalan disuguhkan jenang sumsum, bubur monte ataupun jajan pasar lainnya dan minuman semacam wedang secang serta wedang jahe.

“Kalau makanan modern, masyarakat saat ini mungkin telah terbiasa. Namun tak banyak mereka yang bisa menemukan kuliner-kuliner tradisional dalam satu tempat yang sama dan dengan berbagai pilihan,” kata Bai.

Pengunjung bebas memilih tempat untuk menikmati sajian di Ohmm Taste. Jika ingin kental dengan suasana Jawa, dapat dipilih beranda limasan sebagai tempat bercengkerama bersama keluarga atau ruang tengah yang di dalamnya berisi berbagai ornamen klasik seperti meja makan kuno, gambar-gambar HB II hingga perkakas dapur peninggalan keluarga.

Bagi yang ingin menikmati pemandangan Candi Sari dari dekat, dapat memilih spot halaman samping sisi timur. Namun bagi yang ingin menghirup udara segar sambil memandang indahnya Gunung Merapi, bagian belakang sisi utara rumah makan ini dapat dijadikan pilihan.

Untuk menikmati menu-menu tradisional tersebut, harga yang diberikan juga cukup terjangkau dan dijamin tak akan menguras kantong. Bai juga menjamin menu yang ditawarkannya sehat karena diolah tanpa menggunakan bahan-bahan pengawet.

Didirikannya Ohmm Stay bukan berarti Bai banting stir dalam bisnis kuliner. Fashion serta dunia desainer akan tetap dijamahnya dengan menyertakan galeri yang memajang busana-busana karyanya di tempat ini.

Di ruang pamer yang diberi nama Ohmm Galeri, Bai akan memamerkan berbagai busana karya terbarunya. Batik serta kain lurik yang selama ini menjadi karya andalannya akan dipadukan dengan busana model dress atau kemeja menonjolkan warna-warna gelap.

Tak ketinggalan, di lahan seluas 3.150 meter persegi tersebut Bai juga mendirinya penginapan yang diberinya nama Ohmm Stay. Bangunan tiga lantai ini menawarkan suasana khas pedesaan dengan suasana yang masih asri.

Beberapa pesohor maupun selebriti ibukota kerap menyempatkan diri singgah dan bermalam di tempat ini saat berkunjung di Yogya. Dengan kapasitas hanya 11 kamar, Bai Populo sengaja ingin memberikan kenyamanan bagi siapapun yang berada di Ohmm Stay ini.

“Selama berada di tempat ini pengunjung juga dapat belajar menari Jawa maupun gending yang telah disiapkan. Ritme kehidupan masyarakat Jawa yang perlahan namun penuh optimisme dapat dirasakan di tempat ini,” ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI