Film Dokumenter Jogja Blues Forum Rilis di BOF

MINI konser bulanan Jogja Blues Forum (JBF), Blues On Friday (BOF) di Warung Kopi Bjong Jumat (7/9) malam bakal berbeda. Selain bakal menyajikan perform dari Komunitas Jazz Mben Senen (JMS), bakal ada pemutaran perdana film dokumenter tentang komunitas Jogja Blues Forum (JBF) yang dibuat Spasi Latar dan tim kreatif.

Krisna Aditya, Director Film Dokumenter mengatakan karya mereka ini adalah apresiasi terhadap JBF yang telah menyemai banyak benih kebaikan dalam proses kreatif musik di Yogyakarta.

"Film ini kami buat dalam waktu yang cukup lama. Niatnya sebagai apresiasi terhadap JBF yang kami lihat banyak memengaruhi orang-orang dalam dan luar komunitas. Ada yang berani main musik dan menciptakan karya setelah berproses di JBF dan kami lihat komunitas ini jadi ruang pertemuan antarmusisi yang cukup guyub," kata Krisna.

Spasi Latar dan Tim menemui banyak saksi hidup JBF dalam membuat kronik di awal film. Ada Jaka Semendelic yang berproses sejak generasi pertama, lalu Fizz Hantoro generasi kedua, dan tokoh lainnya. Sejumlah musisi blues yang secara kultural dekat dengan JBF juga turut hadir memberi kesaksian. Misalnya saja Amar dan Rizky Farid JB Blues, Wimar Yulius GIE, hingga jurnalis musik KR Grup. Spasi Latar juga memuat banyak potongan video kegiatan JBF.

"Pas banget kebetulan ada Blues on Friday, jadi sekalian kami rilis di sana. Semoga saja film ini bisa menangkap semua kegiatan komunitas dan menjawab pertanyaan banyak orang di luar Yogya, apa itu JBF sebenarnya. Kami berterima kasih ke pihak-pihak, terutama teman-teman JBF yang sudah meluangkan waktu untuk film dokumenter ini," sambung Hyoga Murti selaku Produser. (Des)

 

BERITA REKOMENDASI