Gagal Ginjal Tak Berarti Hidup Selesai

YOGYA, KRJOGJA.com – Gagal ginjal tak berarti menjadikan penderitanya berdiam diri di rumah sambil berputus asa. Melalui film berjudul 'HOPE', Ary menjadi lakon utama yang bercerita tentang perjuangan dan semangatnya bergelut dengan penyakit gagal ginjal. Harapannya, film tersebut akan menebar virus positif pada sesama penderita agar mereka tak berputus asa dan merasa sendiri.

Film dokukementer berdurasi 20 menit tersebut disutradarai oleh Rahma Nurlinda Sari tersebut menampilkan Ary yang berperan sebagai dirinya sendiri. Ia bercerita tentang awal mula ia divonis menderita gagal ginjal sejak 22 tahun yang lalu. Ia juga berkisah tentang perjuangannya melawan rasa sakitnya dan putus asa yang sempat menghinggapi. Para penonton yang kebanyakan adalah sesama penderita pun merasa emosional dan terbakar semangatnya untuk survive.

"Pesan saya pada sesama penderita, meskipun kita sudah divonis, bukan berarti umur kita pendek. Kita punya kesempatan yang sama. Terpenting itu atur pola makan, gaya hidup dan pola cairan," ujar Ary, Minggu (17/09/2017) di depan para penonton dan kawannya di komunitas Hidup Ginjal Muda (HGM)

22 tahun tangguh menghadapi penyakitnya, ia telah mematahkan stigma bahwa penderita gagal ginjal tidak bisa melakukan apapun. Tentunya ia tak bisa bertahan sejauh ini tanpa 'support system' terpentingnya yaitu dukungan keluarga tercintanya. Ia mengaku keluarganya tak pernah mengeluh selama mengurusnya. Ia pun menghimbau pada para pendamping penderita agar tetap memberi support pada anggota keluarganya yang merupakan penderita.

Ia berpesan lebih jauh pada sesama penderita agar selalu melakukan hemodialisa sesuai jadwal dan minum obat sesuai pentunjuk dokter. "Kalau tidak puas dengan solusi dokter jangan menyerah, cari second opinion dokter lain. Tapi jangan lupa, tetap konsul dengan dokter yang biasanya memeriksa," jelasnya.

Saat ini Ary pun aktif dalam komunitas HGM Yogyakarta. Di laman facebook HGM, Ary tak henti-hentinya sharing tips mengatasi masalah sehari-hari yang dialami penderita. Jika ada penderita yang merasa putus asa, anggota HGM saling menyemangati satu sama lain. Namun Agar dapat lebih banyak merangkul sesama penderita gagal ginjal di luar Yogyakarta, Ary berharap film dokumenter berjudul HOPE tersebut akan dapat diputar di seluruh bioskop yang ada di Indonesia. (MG-07)

BERITA REKOMENDASI